Tips Menghindari dan Menangani KIPI Vaksinasi Covid 19

Tips Menghindari dan Menangani KIPI Vaksinasi Covid 19

Efek samping vaksinasi atau kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) kerap menjadi sorotan akhir-akhir ini. Khususnya, banyak orang dengan serius memperhatikan dan mewaspadai KIPI vaksinasi Covid-19. 

Gejala efek samping dari pemberian vaksin Covid 19 sendiri sudah tergolong aman karena hanya bersifat lokal dan tidak serius, seperti pegal di otot lengan sampai rasa lelah dan mengantuk. Namun bagi sebagian kecil orang, KIPI yang cukup serius tetap mengintai dan perlu diwaspadai, seperti demam, alergi, pingsan, bahkan sampai sesak napas. 

KIPI memang merupakan reaksi tubuh atas masuknya virus yang sudah dilemahkan ataupun sudah mati ke dalam tubuh Anda. Namun, bukan berarti KIPI tidak bisa dicegah dan ditangani. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menghindari dan menangani KIPI vaksinasi Covid 19. 

  1. Pastikan Tidak Sakit 

KIPI yang lebih serius bisa lebih mudah mendatangi Anda yang sedang dalam kondisi tidak fit. Karena itu, pastikan Anda divaksinasi ketika tubuh sehat dan tidak sedang mengalami keluhan apapun. Anda pun harus dengan jujur menjawab pertanyaan petugas vaksinasi yang melakukan screening. Jangan memaksakan diri untuk divaksinasi apabila ada beberapa syarat vaksinasi yang tidak Anda penuhi terkait kesehatan. 

  1. Perbanyak Minum Air

Memperbanyak mengonsumsi air putih sehabis vaksinasi Covid 19 sangat penting. Ini guna memastikan suhu tubuh tetap normal karena hidrasi yang berkecukupan. Tidak jarang KIPI berupa demam hadir pada orang-orang yang mengalami dehidrasi. Cara penanganannya pun sebenarnya tidak sulit dengan terus memperbanyak konsumsi air putih minimal 2,5 liter dalam sehari. 

  1. Konsumsi Makanan Bergizi

Saat menerima vaksinasi Covid 19, imunitas tubuh tetap harus dijaga agar reaksi yang tidak diharapkan tidak kejadian. Salah satu meningkatkan imunitas tubuh adalah memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Konsumsilah makanan bergizi dan penuhi kalori yang dibutuhkan. Pada saat ini, Anda perlu mengonsumsi makanan 4 sehat, mulai dari karbohidrat, lauk untuk bekal protein, sayur dan buah sebagai bekal vitamin dan nutrisi lain. 

  1. Jangan Beraktivitas Berat

Tidak ada salahnya mengurangi aktivitas harian Anda jika merasa kelelahan. Ini merupakan KIPI Covid 19 yang terjadi. Anda juga tidak disarankan melakukan aktivitas berat pasca imunisasi untuk mengurangi risiko KIPI yang lebih serius. 

  1. Tidur yang Cukup 

Tidur adalah salah satu cara yang ampuh untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh. Upayakan untuk mendapatkan tidur malam yang cukup sebelum memperoleh vaksinasi. Bahkan setelah diimunisasi, usahakan pula untuk mengambil waktu istirahat guna tidur memang merasakan KIPI berupa rasa kantuk yang cukup berat. Memilih tidur yang cukup bisa menghindari Anda dari efek samping imunisasi yang lebih serius. 

  1. Kompres Air Hangat

Salah satu KIPI Covid 19 yang paling sering dikeluhkan orang adalah rasa pegal dan nyeri di otot tangan yang menjadi area vaksinasi. Anda bisa menanganinya dengan melakukan kompres air hangat di lokasi tersebut. Mengompres air hangat bisa membuat otot lebih lentur sehingga rasa nyeri dapat berkurang. 

  1. Pergi ke Dokter 

Jangan ragu untuk pergi ke dokter apabila Anda merasakan keluhan KIPI semakin parah. KIPI yang bersifat serius, seperti gatal-gatal alergi dan sesak napas juga harus segera ditangani dokter untuk penanganannya. Jika memang bingung hendak ke dokter mana, Anda bisa langsung menghubungi kontak petugas vaksinasi Covid 19 yang diberikan dan meminta arahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *