Tak Hanya Baik Bagi Wanita, Ini Manfaat Saffron pada Pria

Saffron atau Crocus sativa adalah salah satu rempah termahal yang ada di dunia. Alasannya adalah penggunaan metode “labor-intensive” selama memanennya. Sehingga hal ini membuat produksi dan produk akhir menjadi mahal. Hal ini jugalah yang membuat struktur bunga seperti benang ini memiliki manfaat yang luar biasa. 

Selama ribuan tahun, saffron telah digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit di daerah Asia Tengah hingga ke China. Tak hanya bagi wanita, manfaat saffron bagi pria pun sangat penting sekali. Misalnya saja, untuk meningkatkan libido, meingkatkan daya ingat, meningkatkan mood, dan beberapa manfaat lainnya. Dan, berikut penjelasannya. 

Manfaat saffron pada pria

  1. Obati infertilitas pada pria

Manfaat saffron pada pria yang sangat penting adalah dapat membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas air mani pada pria. Uji klinis dilakukan pada pria yang menderita infertilitas idiopatik. Lalu mereka diberikan saffron untuk dikonsumsi selama 3 kali seminggu dengan jumlah 50 mg selama 3 bulan. Hasilnya, presentase sperma menunjukkan sedikit peningkatan dari 6,44% menjadi 10, 54%.

  1. Meningkatkan memori

Saffron memberikan manfaat dalam menghapal dan belajar. Ini bertindak sebagai antidepresan karena orang yang mengonsumsi obat sama dengan mengonsumsi 30 mg saffron. Selain itu, efektif untuk mengobati jenis depresi ringan hingga sedang.  

Bahkan sebuah uji klinis dilakukan dengan menggunakan saffron terbukti bermanfaat untuk mengobati penyakit Alzheimer dan lebih efektif daripada obat antidepresan apa pun. Oleh karena itu, ia juga dikenal sebagai obat yang dapat meningkatkan kesehatan memori. 

  1. Meningkatkan libido

Saffron mengandung bahan yang bernama Pitocrocin, yang membuatnya peka terhadap sentuhan, terutama organ tubuh. Hal ini tentu dapat menyebabkan peningkatan kenikmatan para pria untuk menjalani seks yang lebih bergairah. Jadi, manfaat saffron pada pria sangat penting karena dapat membantu kehidupan seksualnya bersama pasangan. 

  1. Mengatasi disfungsi ereksi

Penggunaan rempah-rempah saffron ini dapat membantu mengatasi disfungsi ereksi di kalangan para pria. Sebuah laporan penelitian mengatakan bahwa hampir 20 pasien yang mengalami disfungsi ereksi diberikan 200 mg tablet yang mengandung saffron, yang diberikan terus menerus selama sepuluh hari. 

Setelah pengobatan, adanya laporan peningkatan yang baik pada pasien disfungsi ereksi. Meskipun saffron dinyatakan sebagai rempah-rempah termahal di dunia, namun ternyata saffron memiliki manfaat ajaib untuk menyembuhkan berbagai masalah kesehatan. 

 Manfaat lain dari saffron

  • Antioksidan. Saffron mengandug berbagai senyawa tanaman yang bertindak sebagai antioksidan, molekul yang melindungi sel Anda dari radikal bebas dan stres oksidatif. Antioksidan saffron yang paling terkenal adalah crocin dan crocetin adalah pigmen karotenoid yang bertanggung jawab atas warna merah saffron. Kedua senyawa ini mungkin memiliki sifat antidepresan, melindungi sel -sel otak dari kerusakan progresif, memperbaiki peradangan, mengurangi nafsu makan, dan membantu penurunan berat badan. 
  • Memperbaiki mood dan mengobati gejala depresi. Suplemen saffron secara signifikan dapat  mengobati gejala depresi ringan hingga sedang. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi saffron 30 mg setiap hari sama efektifnya dengan mengonsumsi Fluoxentine, Imipramine, dan Citalopram (pengobatan untuk depresi). 
  • Memiliki sifat melawan kanker. Kaya antioksidan pada saffron akan membantu menetralkan radikal bebas berbahaya dalam tubuh. Pasalnya, kerusakan akibat radikal bebas sering kali dikaitkan dengan penyakit kronis, seperti kanker. 
  • Mengurangi gejala PMS. Pada wanita berusia 20-45 tahun, mengonsumsi 30 mg saffron setiap hari lebih efektif daripada placebo dalam mengobati gejala PMS, seperti iritabilitas, sakit kepala, dan nyeri. 
  • Dapat mengurangi risiko penykit jantung. Sebuah penelitian pada hewan menunjukkan bahwa sifat antioksidan saffron dapat menurunkan kolesterol darah dan mencegah pembuluh darah dan arteri menyumbat. 
  • Menurunkan kadar gula darah. Saffron dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. 
  • Dapat meningkatkan pengelihatan pada orang dewasa dengan degenerasi makula terkait usia (AMD). Saffron tampaknya dapat meningkatkan penglihatan pada orang dewasa dengan AMD dan melindungi dari kerusakan radikal bebas. 
  • Dapat meningkatkan daya ingat pada orang dewasa dengan penyakit Alzheimer. Sifat antioksidan saffron dapat meningkakan kognisi pada orang dewasa dengan penyakit Alzheimer. 

Jadi, kesimpulannya, manfaat saffron pada pria dapat membantu kehidupan seksualnya. Selain itu, berbagai manfaat lain bagi kesehatan pun sangat banyak sekali. Namun, meskipun begitu Anda tetap mengonsumsi dalam batas yang disarankan, jangan terlalu berlebihan untuk menghindari kemungkinan efek samping yang muncul karena konsumsi berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *