Simak Manfaat Tes Treadmill di Laboratorium Klinik Biotest

Tes treadmill di Laboratorium Klinik Biotest adalah tes sederhana dan paling mendasar dari respons fungsional jantung terhadap stres fisik. Berjalan di atas treadmill dengan kecepatan dan kemiringan yang meningkat secara bertahap membuat jantung Anda memompa lebih keras dan lebih cepat dari biasanya, dan dapat mengungkapkan masalah di dalam hati Anda yang mungkin tidak terlihat sebaliknya.

Manfaat dari tes treadmill di Laboratorium Klinik Biotest

– Mendeteksi penyumbatan arteri jantung yang dapat menyebabkan nyeri dada, sesak napas, serangan jantung atau kematian jantung mendadak.

– Mendeteksi irama jantung abnormal yang mengakibatkan detak jantung tidak teratur atau palpitasi (Aritmia).

– Mengidentifikasi irama jantung yang mengancam jiwa yang disebabkan oleh olahraga yang dapat menyebabkan kematian jantung mendadak.

– Mengevaluasi respon tekanan darah terhadap latihan.

– Mengevaluasi efektivitas rencana perawatan jantung Anda.

– Memandu pengembangan program latihan yang aman terutama pada pasien yang memiliki penyakit jantung atau pernah mengalami serangan jantung sebelumnya.

– Memandu pengobatan gangguan jantung misalnya waktu untuk operasi jantung seperti penggantian katup, transplantasi jantung pada pasien dengan gagal jantung dan operasi bypass jantung pada pasien dengan penyumbatan arteri jantung multipel.

Siapa yang wajib melakukan tes treadmill?

– Pasien dengan gejala

– Sakit dada

– Sesak napas

– Detak jantung tidak teratur atau palpitasi

– Pusing berulang atau mantra pingsan

– Pasien yang berencana untuk berpartisipasi dalam kegiatan olahraga berat.

– Pasien dengan riwayat keluarga kematian jantung mendadak.

– Sebagai bagian dari pemeriksaan jantung

Persiapan sebelum tes treadmill

– Harap kenakan pakaian olahraga yang nyaman dengan sepatu yang cocok untuk jogging.

– Kenakan baju yang mudah dilepas sehingga memudahkan penempatan elektroda di dada.

– Hindari emolien atau lotion apa pun pada hari pengujian karena dapat mengganggu kontak elektroda-kulit.

– Konsumsi makanan ringan 1 jam sebelum tes Anda.

– Anda boleh mengonsumsi semua obat-obatan biasa (jika ada) kecuali obat-obatan yang akan memperlambat detak jantung, misalnya beta-blocker. Obat-obatan ini harus dihentikan setidaknya 24 jam sebelum tes. Silakan periksa dengan dokter jika Anda tidak yakin obat mana yang perlu dihentikan sebelum tes.

– Jika Anda menggunakan inhaler untuk asma atau masalah pernapasan lainnya, harap bawa bersama Anda dan sorot ke teknisi & dokter jantung kami.

Bagaimana tes treadmill di Laboratorium Klinik Biotest dilakukan?

A. Sebelum tes

Teknisi jantung kami akan memasang 10 elektroda EKG (tambalan lengket datar kecil) di dada Anda dan manset tekanan darah di lengan kanan Anda. Elektroda terpasang ke monitor EKG yang memetakan aktivitas listrik jantung Anda secara terus menerus selama tes. Pengukuran awal (denyut jantung, tekanan darah dan EKG istirahat) dicatat sebelum tes dimulai.

B. Selama ujian

Di bawah pengawasan terus menerus dari teknisi jantung dan dokter kami yang siaga, Anda akan mulai berjalan di atas treadmill dengan kecepatan yang lambat dan lembut. Kecepatan dan gradien pada treadmill akan meningkat secara bertahap dengan interval 3 menit. Mesin akan merekam perubahan detak jantung, tekanan darah, dan EKG Anda setiap 3 menit. Secara berkala, teknisi jantung kami akan menanyakan perasaan Anda dan menentukan kapan tes harus dihentikan.

Anda akan diminta untuk terus berolahraga sampai detak jantung Anda mencapai target yang ditetapkan atau sampai Anda mengalami gejala yang tidak memungkinkan Anda untuk melanjutkan. Tanda dan gejala ini mungkin termasuk:

A. Nyeri dada, rahang, atau lengan sedang hingga parah

B. Sesak napas yang parah

C. Tekanan darah tinggi atau rendah yang tidak normal

D. Irama jantung yang tidak normal

e. Pusing

F. Perubahan tertentu dalam elektrokardiogram Anda

Anda dapat menghentikan tes kapan saja Anda merasa terlalu tidak nyaman untuk melanjutkan latihan.

C. Setelah tes

Anda akan berjalan perlahan selama beberapa menit untuk menenangkan diri. Detak jantung, tekanan darah, dan EKG Anda akan terus dipantau hingga kadarnya kembali normal. Dokter di Laboratorium Klinik Biotest akan meninjau temuan tes treadmill dan memberikan hasil tes Anda segera. Tes lebih lanjut mungkin direkomendasikan jika kelainan terdeteksi.

Seluruh proses biasanya memakan waktu sekitar 30-45 menit tetapi waktu latihan yang sebenarnya biasanya hanya berlangsung 7 sampai 12 menit. Ketika tes olahraga selesai, Anda dapat kembali ke aktivitas normal seperti biasa sepulang dari Laboratorium Klinik Biotest.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *