Selain Anelat, Konsumsi Juga 12 Makanan Asam Folat

suplemen anelat

Mengonsumsi suplemen Anelat sangat penting bagi ibu hamil karena dapat mencegah terjadinya cacat lahir pada bayi serta dapat mencegah anemia.

Hal itu karena adanya asam folat yang terkandung dalam suplemen. Namun selain melalui suplemen, Anda pun bisa mendapatkan asam folat dari berbagai makanan berikut ini:

1. Asparagus

Makanan pertama yang bisa Anda konsumsi karena kandungan asam folatnya adalah asparagus.

Diketahui Asparagus banyak mengandung vitamin dan mineral penting bagi tubuh, termasuk asam folat. 

Setengah cangkir asparagus yang sudah dimasak atau 90 gram mengandung sekitar 134 mcg folat. Jumlah tersebut mencukupi sekitar 34 persen kebutuhan rata-rata asam folat per hari.

2. Telur

Makanan yang mudah didapatkan ini ternyata mengandung asam folat. Sebutir telur mengandung 22 mcg asam folat atau bisa mencukupi 6% kebutuhan rata-rata asam folat per hari.

Selain itu, telur tinggi protein, selemum, riboflavin, vitamin B12, serta antioksidan lutein dan zeaxanthin.

3. Bayam, kangkung, dan sawi

Asam folat juga bisa Anda dapatkan pada sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, sawi, dan pokcoi.

Satu cangkir atau 30 gram bayam mengandung 58,2 mcg folat sehingga dapat mencukupi 15% kebutuhan rata-rata asam folat per hari.

Selain itu, sayuran berdaun hijau juga tinggi serat, vitamin K dan A, serta antioksidan yang penting bagi tubuh.

4. Bit

Biasanya bit digunakan sebagai pewarna makanan alami. Namun ternyata buah sayuran ini juga memiliki sejumlah nutrisi penting seperti asam folat, mangan, kalium sampai vitamin C 

Satu cangkir bit atau 136 gram bit mentah mengandung 148 mcg folat atau sekitar 37% kebutuhan rata-rata asam folat per hari. Hal ini bisa Anda jadikan sebagai alternatif ketika Anelat tidak ada sama sekali.

5. Brokoli

Brokoli juga mengandung asam folat sebesar 57 mcg dan bisa mencukupi 14% kebutuhan asam folat per hari.

Namun untuk mendapatkan asam folat yang banyak sebaiknya Anda mengonsumsi brokoli yang sudah matang ketimbang mentah. 

Jika sudah dimasak, kandungan asam folat dalam brokoli adalah sebanyak 84 mcg atau dapat mencukupi 21% kebutuhan  asam folat per hari.Selain asam folat, brokoli juga mengandung mangan, vitamin C, K, A, dan antioksidan penting.

6. Hati Sapi

Salah satu jeroan sapi yang biasa Anda konsumsi dengan cara digoreng atau direbus ini ternyata juga mengandung asam folat yang tinggi

Terdapat kandungan sebesar 212 mcg asam folat pada hati sapi yang sudah dimasak dengan berat sekitar 85 gram.

Jumlah ini mampu mencukupi kebutuhan harian asam folat sebesar 54%. Selain itu, hati sapi dapat memasok kebutuhan vitamin A, B12, dan tembaga bagi tubuh.

7. Jeruk

Asam folat juga bisa Anda dapatkan pada jeruk, dan segala jenis jeruk mengandung asam folat. Satu buah jeruk berukuran sedang mengandung 55 mcg asam folat sehingga bisa memenuhi 14%  kebutuhan rata-rata folat per hari.

Selain itu, jeruk juga banyak mengandung vitamin C yang penting untuk menjaga daya tahan tubuh dan membantu mencegah penyakit terutama di masa pandemi Covid-19.

8. Pepaya 

Buah yang sering dikonsumsi untuk melancarkan pencernaan ini ternyata juga mengandung asa. folat.

Kandungan asam folat pada pelaya adalah sebesar 53 mcg atau setara dengan 13% kebutuhan harian. Selain itu, pepaya juga kaya akan vitamin C, kalium, dan antioksidan seperti karotenoid.

9. Pisang

Buah yang kaya akan karbohidrat ini juga mempunyai asam folat sebesar 23,6 mcg folat, atau bisa mencukupi sekitar enam persen kebutuhan asam folat per hari.

Selain folat, pisang juga mengandung nutrisi penting lain seperti kalium, vitamin B6, dan mangan.

10. Alpukat

Buah yang dapat menyehatkan jantung ini juga mempunyai asam folat sebesar 82 mcg dan mampu mencukupi 21% kebutuhan folat harian. Selain itu, alpukat kaya akan potasium, vitamin K, C, dan B6 yang sangat dibutuhkan tubuh.

11. Legum 

Legum adalah tumbuhan polong yang terdiri dari buah atau biji-bijan dalam famili Fabaceae. Tumbuhan ini mengandung asam folat yang cukup tinggi yaitu dari angka 131 mcg hingga 358 mcg. Tumbuhan yang termasuk legum adalah kacang, kacang polong, dan lentil.

12. Kubis Brussels

Makanan alami mengandung asam folat tanpa Anda harus mengonsumsi Anelat adalah kubis Brussels yang mengandung 47 mcg asam folat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *