Pemeriksaan Urine Untuk Cek Kesehatan di Prodia Kalimalang 

Tes urine (urinalisis) adalah pemeriksaan yang dilakukan untuk melihat kondisi air seni mulai dari warna, bau, hingga zat-zat yang terkandung di dalamnya. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengevaluasi dan mendeteksi berbagai gangguan pada saluran kemih. Contoh penyakit yang bisa dideteksi lewat tes urine adalah infeksi saluran kemih, sakit ginjal, hingga diabetes. Anda bisa melakukan tes urine ini di Laboratorium Prodia Kalimalang.

Adapun pemeriksaan urine ini dilakukan dengan beberapa tujuan di bawah ini.

  • Memeriksa kondisi kesehatan pasien secara keseluruhan

Tes urine dapat dilakukan saat pemeriksaan kesehatan rutin (medical check-up), sebagai persiapan sebelum operasi, atau pemeriksaan skrining untuk berbagai penyakit (seperti infeksi saluran kemih, diabetes, penyakit ginjal, dan penyakit hati).

  • Mendiagnosis penyakit tertentu

Urinalisis bisa dianjurkan apabila pasien mengalami gejala berupa nyeri perut, nyeri punggung, sering buang air kecil, atau nyeri saat buang air kecil, ada darah dalam urine, serta masalah buang air kecil lainnya.

  • Memantau perkembangan penyakit

Dokter juga bisa menyarankan pasien untuk menjalani tes urine sebagai bagian dari pemeriksaan rutin. Langkah ini bertujuan memantau perkembangan penyakit, seperti gangguan ginjal atau masalah pada saluran kemih.

Urine dapat dinilai berdasarkan penampilan fisiknya (warna, kejernihan, bau), pH (tingkat asam dan basa), adanya glukosa (gula), protein, nitrit, sel darah putih dan merah, bilirubin, kristal, bakteri dalam urine, dan lain-lain. Tes urine dapat dilakukan untuk beberapa alasan, seperti

  1. Tes kehamilan

Tes urine untuk menentukan kehamilan dapat dilakukan sendiri menggunakan alat tes kehamilan atau test pack yang dijual bebas di apotek, bisa juga dilakukan di klinik atau rumah sakit.

  1. Mengetahui zat asing

Mengetahui adanya zat atau obat tertentu dalam air seni seseorang, misalnya pada atlet, pelajar/mahasiswa, pegawai kantoran, dan pecandu atau orang yang diduga menyalahgunakan narkoba. Tes urine dapat mendeteksi adanya zat berbahaya opiate/opioid, benzodiazepine, barbiturate, phencyclidine (PCP), ganja, metamphetamine, amphetamine, dan kokain.

  1. Perkembangan penyakit

Memantau perkembangan penyakit dan respons tubuh terhadap pengobatan yang dijalani, misalnya pada pasien penderita penyakit diabetes, kerusakan dan infeksi ginjal, lupus, dan penyakit hati.

  1. Melakukan diagnosis penyakit

Mendiagnosis kondisi medis, seperti gangguan ginjal termasuk batu, infeksi, dan radang ginjal, protein dalam urine, kerusakan otot, gula darah atau diabetes yang tidak terkendali, dan infeksi saluran kemih.

  1. Mendeteksi gejala penyakit

Menilai gejala penyakit tertentu, seperti darah dalam urine, demam, nyeri pinggang, sering buang air kecil atau terasa nyeri saat melakukannya, nyeri perut bawah, atau keluhan lainnya pada saluran kemih.

  1. Pemeriksaan kesehatan rutin

Evaluasi medis rutin atau menilai kesehatan seseorang secara keseluruhan. Tes urine bisa saja disarankan oleh dokter untuk pemeriksaan kehamilan rutin, juga untuk menilai kondisi pasien sebelum operasi atau sebelum dirawat di rumah sakit.

Pengambilan sampel urine hanya membutuhkan waktu beberapa menit. Berikut ini adalah tahapan-tahapan yang dilakukan pasien dalam pengambilan sampel urine.

  • Bersihkan area kemaluan menggunakan tisu steril, agar area tersebut bersih dari bakteri dan tidak terbawa ke dalam sampel.
  • Buang sedikit urine yang pertama kali keluar, lalu segera tampung aliran urine berikutnya ke wadah penampung.
  • Tampung urine kurang lebih sebanyak 30–60 ml ke wadah penampung yang disediakan dokter.
  • Buang sisa aliran urine ke toilet jika sampel sudah mencukupi.
  • Tutup rapat wadah yang berisi sampel urine agar tidak tumpah atau terkontaminasi.
  • Bersihkan bagian luar wadah penampung urine menggunakan tisu steril dan cuci tangan setelah melakukan pengambilan sampel.
  • Berikan sampel urine ke dokter untuk dianalisis di laboratorium.

Nah, jika Anda ingin melakukan tes urine untuk mengetahui kondisi kesehatan bisa dilakukan di Laboratorium Prodia Kalimalang, ya! Anda bisa membuat jadwal pemeriksaan melalui website Prodia atau pun melalui SehatQ.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *