Mengenal Berbagai Manfaat Paracetamol, Kandungan dalam Obat Sanmol

sanmol

Ketika tubuh demam dan sakit kepala, biasanya paracetamol merupakan pilihan untuk mengobatinya. Di pasaran, ada banyak obat pereda nyeri yang tersedia, seperti Sanmol misalnya.

Manfaat paracetamol sebagai obat pereda nyeri itu ada banyak. Sehingga obat paracetamol ini memang dikenal sebagai obat sejuta umat.

Manfaat Paracetamol untuk Berbagai Kondisi Kesehatan

  1. Mengatasi nyeri tubuh

Manfaat paracetamol terkenal karena sifatnya sebagai analgesik alias pereda nyeri. Obat ini bermanfaat dalam meredakan rasa nyeri ringan hingga sedang.

Ada pun rasa nyeri yang bisa diredakan di berbagai area tubuh adalah:

  • Sakit gigi
  • Sakit kepala
  • Nyeri punggung
  • Nyeri dan kram ketika menstruasi
  • Nyeri di area injeksi setelah vaksin
  • Sakit di bagian tubuh lainnya karena flu dan pilek

Paracetamol disebut lebih efektif dalam meredakan sakit kepala dibanding ibuprofen. Obat ini bisa meredakan migrain ringan hingga sedang. 

  1. Mengobati dan menurunkan demam

Tidak hanya bermanfaat sebagai pereda nyeri, paracetamol juga bermanfaat sebagai antipiretik yang ampuh menurunkan demam. Tidak hanya paracetamol, tapi ada juga obat lain yang berperan sebagai antipiretik, seperti salisilat, ibuprofen, naproxen, dan ketoprofen.

  1. Manfaat lain paracetamol

Tidak hanya berguna sebagai analgesok dan antipiretik, paracetamol bermanfaat dalam mengendalikan gula darah dan juga fungsi otot. Ada juga efek antioksidannya yang bisa melindungi otak dan jantung.

Efek Samping Paracetamol yang Perlu Diperhatikan

Efek paracetamol yang biasanya dialami biasanya memicu sakit kepala dan mual. Efek ini biasanya tidak perlu mendapat penanganan medis karena akan hilang sendiri.

Namun, ada pula efek samping parasetamol yang cukup parah, tapi kondisi ini jarang terjadi. Efek samping tersebut adalah:

  • Reaksi alergi sehingga membuat ruam kulit dan pembengkakan
  • Adanya kelainan darah seperti jumlah sel trombosit rendah (trombositopenia) yang menyebabkan seseorang mudah mengalami perdarahan dan mudah memar. Selain itu mengalami leukopenia atau jumlah sel darah putih rendah sehingga akan mudah terkena infeksi
  • Suara serah
  • Sulit bernapas
  • Terasa sulit menelan
  • Urine keruh atau kemerahan
  • Kemerahan, mengalami tekanan darah rendah, dan detak jantung cepat. Hal ini khususnya untuk peracetamol injeksi
  • Feses berdarah atau berwarna kehitaman
  • Mengalami rasa lemas atau kelelahan yang tidak biasa.

Jika Anda merasakan berbagai gejala efek samping tersebut setelah minum paracetamol, sebaiknya hentikan pemakaian dan segera temui dokter.

Pada kasus overdosis, obat parasetamol bisa menyebabkan kerusakan hati. Pada kasus berat, hal ini juga berisiko menyebabkan kematian. Selain hati, ginjal pun berisiko rusak jika overdosis parasetamol. 

Selain itu, gejala overdosis biasanya berupa diare, kehilangan nafsu makan, keirngat berlebihan, mual atau muntah, nyeri ulu hati, hingga kram perut.

Minum Obat Sunmol Tablet untuk Atasi Rasa Nyeri Tubuh

Sunol tersedia juga dalam bentuk tablet. Obat Sunmol terkenal ampuh untuk meredakan nyeri ringan hingga sedang, seperti sakit kepala, menurunkan demam, hingga sakit gigi. 

Sunmol mengandung parasetamol yang sudah terbukti ampuh sebagai analgetik dan antipiretik. Parasetamol bekerja dengan menghambat enzim siklooksigenase yang mampu memicu munculnya rasa nyeri dan meningkatkan suhu tubuh. 

Obat Sunmol bisa secara bebas dikonsumsi baik oleh anak-anak hingga dewasa. Namun, penting untuk memperhatikan aturan pakai dan dosis yang tertera di kemasan.

Sunmol juga boleh diminum oleh wanita hamil. Hanya saja harus berkonsultasi dengan dokter dulu agar tidak berisiko. 

Untuk anak berusia 6-12 tahun, bisa minum obat Sunmol 1/2 tablet 3 kali sehari. Sedangkan untuk dewasa bisa konsumsi 1 tablet 3 kali sehari.

Referensi:

https://toko.sehatq.com/produk/sanmol-tablet-500-mg-1-strip-4-tablet
https://www.sehatq.com/artikel/menjadi-pereda-nyeri-sejuta-umat-inilah-manfaat-paracetamol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *