Berbagai Macam Manfaat Buah Pir Untuk Ibu Hamil

Berbagai Macam Manfaat Buah Pir Untuk Ibu Hamil

Salah satu cara menjaga kesehatan adalah dengan mengonsumsi buah-buahan, tidak terkecuali bagi ibu hamil. Buah dapat menjadi sumber alami vitamin, mineral, dan juga serat. Salah satu buah yang bagus dikonsumsi selama masa kehamilan adalah buah pir. Buah satu ini memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik. Penting untuk mengetahui manfaat buah pir untuk ibu hamil sehingga Anda tidak perlu ragu untuk mengonsumsinya.

Buah dengan rasa manis ini dapat menjadi pilihan makanan sehat selama masa kehamilan karena memiliki kandungan vitamin, A, C, K, dan folat. Selain itu, buah pir juga dilengkapi dengan mineral seperti fosfor, kalium, zat besi, zinc, dan kalsium. 

Pir termasuk buah yang rendah kalori sehingga aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun, pastikan buah pir sudah dicuci dengan bersih sebelum dikonsumsi. Hal ini untuk menyingkirkan patogen berbahaya yang menjadi sumber penyakit seperti toksoplasmosis hingga listeriosis. 

Berbagai macam manfaat buah pir untuk ibu hamil

Banyak nutrisi yang dimiliki oleh buah pir, sehingga ibu hamil tidak perlu khawatir untuk mengonsumsinya. Beberapa manfaat buah pir untuk ibu hamil, diantaranya:

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Buah pir memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi sehingga mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan memiliki daya tahan tubuh yang baik, ibu hamil memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena penyakit menular seperti pilek, flu dan batuk. Selain itu, vitamin C pada buah pir juga dapat menangkal radikal bebas dan mencegah terjadinya infeksi. 

Satu buah pir mengandung 10 mg vitamin C sehingga dengan mengonsumsi satu buah pir tiap hari dapat memenuhi sekitar 10 persen kebutuhan tubuh akan vitamin C.

  • Mencegah sembelit

Salah satu keluhan yang sering dialami oleh ibu hamil adalah sembelit yang dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti perubahan hormon hingga pola makan yang buruk. Buah pir dapat menjadi obat sembelit karena memiliki kandungan serat yang tinggi.

Untuk mendapatkan manfaat ini, disarankan untuk mengonsumsi pir beserta dengan kulitnya, karena bagian kulit pir mengandung serat yang tinggi. Pastikan buah pir telah dicuci dengan bersih sebelum dikonsumsi.

  • Menyeimbangkan kadar elektrolit dalam darah

Buah pir memiliki kandungan kalium yang dapat menyeimbangkan elektrolit di dalam darah, sehingga bisa menjaga tubuh berfungsi secara semestinya. Kalium pada buah pir juga dapat mengurangi risiko kram pada kaki yang mana menjadi salah satu keluhan yang sering dialami ibu hamil.

  • Mencegah bayi lahir cacat

Ibu hamil dapat memenuhi kebutuhan asam folat dengan mengonsumsi buah pir. Buah ini kaya akan asam folat yang merupakan salah satu asupan penting pada masa kehamilan. Jika asupan asam folat tidak terpenuhi, bayi dapat mengalami risiko terlahir cacat dan lahir secara prematur.

  • Mengurangi gejala morning sickness

Mual dan muntah atau morning sickness kerap kali dialami oleh banyak ibu hamil, terutama pada trimester pertama kehamilan. Buah pir dapat mengurangi gejala ini karena mengandung vitamin B6.

Vitamin B6 tidak hanya mengurangi gejala morning sickness, tapi juga dapat menunjang perkembangan fungsi motorik dan kognitif janin.

  • Sumber vitamin A

Tidak hanya vitamin C, buah pir juga dapat menjadi sumber vitamin A bagi ibu hamil. Vitamin A berfungsi untuk membangun sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan serta perkembangan mata janin, dan juga mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan janin seperti sistem pernapasan, sistem saraf, dan sistem peredaran darah.

  • Menjaga kadar gula darah

Meskipun memiliki rasa yang manis, ibu hamil tidak perlu khawatir akan mengalami kenaikan kadar gula darah saat mengonsumsi buah ini. Buah pir hijau memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga sangat baik untuk pembuluh darah ibu hamil yang memiliki kadar gula darah berlebih. Dengan mengonsumsi buah pir, kadar gula darah selama masa kehamilan dapat terkontrol.

Itu tadi manfaat buah pir bagi ibu hamil. Walaupun memiliki banyak manfaat, pastikan buah pir tidak dikonsumsi secara berlebihan. Ibu hamil dapat mengonsumsi buah ini sebanyak 1-2 per hari dan pastikan buah pir sudah dicuci dengan bersih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *