Manfaat Bejo Jahe Merah, Hangatkan Badan dan Atasi Mual

bejo jahe merah

Indonesia kaya akan rempah-rempah dan herbal alami, salah satunya jahe merah. Jahe merah terkenal akan khasiatnya untuk menghangatkan badan dan meredakan mual, dan kerap diolah menjadi berbagai hidangan salah satunya minuman jahe. 

Bejo Jahe Merah merupakan olahan jahe merah dalam bentuk obat sirup yang bisa diminum langsung atau diseduh dengan air hangat. Kemasannya praktis membuat Bejo Jahe Merah mudah dibawa kemana saja dan diminum kapanpun saat diperlukan. 

Khasiat Bejo Jahe Merah

Bejo Jahe Merah mengandung ekstrak jahe merah asli dengan kehangatan dua kali lipat. Obat ini difungsikan untuk mengatasi masuk angin, perut kembung, mual, meriang, dan banyak lainnya. Selain itu, jahe merah yang terkandung didalamnya juga memiliki manfaat lain. 

Berikut ini beberapa manfaat jahe merah yang telah terbukti. 

Meredakan mual

Jahe dan olahan jahe lainnya, termasuk permen jahe, sangat terkenal ampuh mengatasi mual terutama mual yang berhubungan dengan kehamilan seperti mual di pagi hari (morning sickness). Selain itu, jahe merah juga dapat meredakan mual dan muntah untuk pasien pasca operasi serta pasien kemoterapi.

Membantu menurunkan berat badan

Penelitian menemukan bahwa meminum ekstrak jahe dapat mengurangi berat badan, mengecilkan pinggang, mengurangi indeks massa tubuh (BMI), serta menurunkan kadar insulin darah. Kadar insulin darah yang tinggi dapat menyebabkan obesitas. 

Meringankan nyeri sendi

Selain dikonsumsi, manfaat jahe juga bisa terasa jika diolah menjadi obat oles. Penelitian menemukan bahwa mengoleskan ekstrak jahe yang dicampur dengan damar wangi, kayu manis, dan minyak wijen dapat membantu mengurangi rasa sakit dan kekakuan sendi lutut akibat osteoarthritis. 

Menstabilkan gula darah

Jahe merah memiliki sifat anti-diabetes yang kuat. Meminum ekstrak jahe secara rutin diketahui dapat menurunkan gula darah puasa sebesar 12% sekaligus kadar hemoglobin A1c (HbAc) sebesar 10% dalam waktu 12 minggu. 

Penelitian kecil lainnya juga menemukan bahwa jahe dapat menurunkan kadar hemoglobin A1c (HbAc) pada pasien diabetes tipe 2. Namun dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitasnya. 

Mengobati gangguan pencernaan kronis

Sembelit dapat membuat perut terasa tidak nyaman. Terkadang sembelit memicu perut kembung dan nyeri berulang di perut bagian atas. Menariknya, baik sembelit maupun perut kembung bisa diatasi dengan jahe. 

Jahe dapat meringankan serangkaian gejala dispepsia fungsional. Manfaat ini juga bisa dirasakan oleh orang tanpa gangguan pencernaan. 

Mengurangi nyeri haid

Efek hangat yang dihasilkan dari minuman jahe dapat meredakan nyeri haid. Bahkan efektivitasnya sama seperti obat NSAID yang biasa digunakan untuk meredakan nyeri haid (dismenore). 

Menurunkan kadar kolesterol

Kadar kolesterol LDL (jahat) yang tinggi merupakan faktor risiko penyakit jantung. Meminum 5 gram bubuk jahe secara rutin terbukti dapat menurunkan kolesterol LDL sebesar 17,4% dalam waktu 3 bulan. 

Penelitian pada hewan dan manusia juga menemukan bahwa jahe dapat menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida darah secara signifikan.

Meringankan sakit kepala

Sensasi hangat yang dihasilkan jahe merah membuat tubuh lebih rileks dan nyaman, yang bisa membantu meredakan sakit kepala. 

Melegakan tenggorokan

Efek hangat yang dihasilkan dari jahe merah juga dapat membantu melegakan tenggorokan serak dan gatal. Karena itu jahe seringkali diolah dalam bentuk permen hisap atau obat sirup yang berfungsi untuk meredakan gejala batuk kering.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Senyawa yang terkandung dalam jahe merah membantu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tak mudah letih dan terserang penyakit.

Bejo Jahe Merah memiliki banyak khasiat. Obat ini juga bisa diminum oleh anak-anak maupun orang dewasa. Namun, pastikan untuk meminum sesuai dosis agar tidak menyebabkan sakit perut atau efek samping lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *