Lakukan Beberapa Hal Ini Sebelum Anda Melakukan Vaksin

Vaksin kini merupakan langkah yang harus dilakukan bagi masyarakat demi menekan angka penyebaran dan kasus covid-19. Pemberian vaksin secara merata pada masyarakat dinilai ampuh untuk meminimalisir kasus dan juga ikut mendukung terbentuknya “herd immunity” .

Apa itu herd immunity?

Herd immunity adalah “kebalnya” sejumlah populasi terhadap penyakit menular tertentu sehingga mampu memberikan perlindungan secara tidak langsung bagi sekelompok atau populasi orang. Saat seseorang mencapai herd immunity yang baik, ia tidak mudah terkena virus ataupun menularkan virus pada orang lain. Inilah yang menyebabkan penyebaran virus dapat lebih diminimalisir jika kita terus ikut mendukung terwujudnya herd immunity melalui vaksin. Kasarnya, vaksinasi tidak hanya melindungi Anda sendiri namun juga orang-orang di lingkungan Anda yang tidak mendapat vaksinasi. 

Namun, vaksin pun tak boleh dilakukan asal-asalan dan begitu saja. Sebelum melakukan vaksin setidaknya ada beberapa hal yang harus Anda lakukan dan perhatikan agar pemberian vaksin dapat berjalan dengan lancar.. Mulai dari memastikan kondisi kesehatan sedang dalam keadaan yang baik, sedang tidak terjangkit covid, tidak habis melakukan aktifitas fisik yang berat, hingga mengetahui riwayat penyakit yang diderita dengan benar. Ini semua dilakukan agar vaksin dapat lebih optimal perannya bagi tubuh.. 

1. Pastikan tubuh dalam keadaan fit dan sehat

Sebelum Anda mendapatkan vaksinasi covid-19, pastikan tubuh sedang dalam keadaan yang fit dan tidak mengalami sakit atau keluhan, termasuk covid-19. Ini dilakukan agar tubuh dapat dengan mudah membentuk antibodi yang baik.

2. Kurangi aktivitas yang terlalu melelahkan

Aktivitas fisik memang baik bagi tubuh, namun melakukannya secara berlebihan mampu menyebabkan tubuh terlalu kelelahan sehingga mengakibatkan turunnya daya tahan tubuh. Sebaiknya jangan terlalu memforsir tubuh melakukan aktivitas berat setiap hari saat hendak vaksin. 

3. Terus jaga asupan

Untuk terus dukung tubuh agar tetap fit dan sehat, imbangi dengan asupan yang baik setiap harinya. Cukupi kebutuhan gizi dan nutrisi tubuh dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi tinggi dengan rutin. Anda juga sebaiknya mulai menghindari makanan asin, berlemak tinggi, makanan cepat saji, dan goreng-gorengan jika ingin mendapat tubuh yang lebih sehat. 

4. Beritahukan informasi kesehatan pada petugas

Sebelum mendapatkan vaksinasi, beritahukan dengan benar penyakit apa saja yang Anda derita atau pernah diderita sebelumnya. Jangan pernah memberikan informasi yang salah saat ditanyai petugas mengenai hal ini. Sebab, ada beberapa kondisi penyakit yang mesti mendapat perhatian khusus saat vaksin agar vaksinasi bisa berjalan dengan baik dan lancar.

5. Istirahat dengan baik

Kurangi aktifitas melelahkan yang mengharuskan Anda begadang sebelum melakukan vaksinasi. Biarkan tubuh beristirahat dengan baik dengan mendapat setidaknya 7-9 jam tidur setiap harinya. Tidur yang baik dan cukup juga sangat berpengaruh bagi kesehatan= serta imun tubuh seseorang. Untuk itu, jangan pernah sepelekan peran tidur dan istirahat dalam hal ini. 

Klinik Kimia Farma Palembang

Untuk mendapatkan vaksinasi covid-19 Anda bisa langsung membuat jadwal dan melaksanakan vaksinasi di Klinik Kimia Farma Palembang. Selain menyediakan fasilitas vaksin, Anda dan keluarga juga bisa melakukan test covid-19, serta medical check up (MCU). 

Klinik ini bertempat di Jl. Yos Sudarso no. 104, Cerema Tama Lubuk Linggau Timur ini buka sejak pulung 07.00 dan tutup pada 21.00. Percayakan pelayanan kesehatan Anda & keluarga dengan mengunjungi Klinik Kimia Farma Palembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *