Jenis Teh Herbal yang Sehat

Jenis Teh Herbal yang Sehat

Di Timur teh dianggap sebagai kunci kesehatan, kebahagiaan, dan kebijaksanaan yang baik. Teh telah digunakan dari generasi ke generasi oleh budaya yang berbeda dalam lingkungan sosial dan untuk meningkatkan kesehatan. Berbagai jenis teh juga dikenal sehat dan memiliki manfaat kesehatan yang berbeda.

Ada banyak jenis teh, perbedaan antara setiap teh adalah sejauh mana daunnya teroksidasi atau difermentasi. Biasanya, daun teh yang sangat teroksidasi berwarna lebih gelap atau lebih merah, dan teh yang kurang difermentasi akan berwarna lebih terang atau lebih hijau. Teh tradisional biasanya mengandung kafein.

Teh herbal dan teh buah berbeda dari teh tradisional. Varietas ini cenderung mengandung kafein. Seperti yang bisa Anda bayangkan dari namanya, mereka diproduksi dari herbal atau buah kering. Tumbuhan yang berbeda dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan.

Selain lezat, beberapa teh herbal dikenal sehat dan memiliki khasiat yang meningkatkan kesehatan. Faktanya, teh herbal telah digunakan sebagai pengobatan alami untuk berbagai penyakit selama ratusan tahun. Berikut beberapa jenis teh herbal sehat yang bisa Anda coba:

  • Teh kamomil

Teh kamomil paling dikenal karena efeknya yang menenangkan dan sering digunakan sebagai alat bantu tidur. Dua penelitian telah meneliti efek teh atau ekstrak chamomile pada masalah tidur pada manusia. Teh kamomil tidak hanya berguna sebagai alat bantu tidur, teh ini juga diyakini memiliki efek antibakteri, anti-inflamasi dan melindungi hati.

  • Teh peppermint

Teh peppermint adalah salah satu jenis teh herbal sehat yang paling umum digunakan di dunia.

Meskipun paling populer digunakan untuk mendukung kesehatan saluran pencernaan, ia juga memiliki sifat antioksidan, antikanker, antibakteri dan antivirus. Olahan minyak peppermint, yang sering kali juga mengandung herbal lain, dapat membantu meredakan gangguan pencernaan, mual, dan sakit perut serta efektif meredakan kejang di usus, kerongkongan, dan usus besar.

  • Teh jahe

Teh jahe adalah minuman pedas dan beraroma yang mengandung antioksidan yang sehat dan melawan penyakit. Jenis teh sehat ini paling dikenal sebagai obat untuk mual, dan penelitian berulang kali menemukan bahwa teh jahe efektif untuk penggunaan ini. Namun, beberapa penelitian juga menemukan bahwa jahe dapat membantu meredakan nyeri haid, dan mungkin menawarkan manfaat bagi penderita diabetes.

  • Teh rooibos

Rooibos adalah jenis teh herbal sehat yang berasal dari Afrika Selatan. Itu terbuat dari daun rooibos atau tanaman semak merah. Bukti awal penelitian menunjukkan bahwa teh rooibos dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang dan mengurangi resiko penyakit jantung.

  • Teh rosehip

Teh rosehip terbuat dari buah tanaman mawar. Teh ini tinggi vitamin C dan senyawa tanaman bermanfaat. Sifat anti-peradangannya dapat mengurangi peradangan dan nyeri yang terkait dengan artritis. Studi juga menemukan rosehips efektif melawan penuaan kulit dan mengurangi lemak perut.

Teh herbal tersedia dalam berbagai rasa yang lezat dan secara alami bebas gula dan kalori. Meskipun baru dikenal secara tradisional, banyak teh herbal juga menawarkan efek yang meningkatkan kesehatan, dan sains modern mulai membuktikan beberapa kegunaan tersebut. Oleh karena itu, teh herbal termasuk dalam jenis teh sehat yang memiliki manfaat untuk tubuh Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *