Ini Efek Samping Natrium Bikarbonat

Merupakan obat yang bisa digunakan untuk beberapa kondisi seperti asidosis metabolik, urine yang terlalu asam hingga asam lambung berlebih disebut natrium bikarbonat. Cara kerja obat ini dengan mengurai natrium dan bikarbonat yang terdapat di dalam air untuk kemudian akan membentuk alkaline yang fungsinya bisa menetralkan asam.

Obat ini tersedia dalam bentuk tablet dan cairan suntik, bisa digunakan sebagai penetral asam dan juga dapat dipakai sebagai bahan untuk memasak. Biasanya banyak orang mengenal bahan ini dengan nama baking soda atau soda kue. Sementara itu merek dagang obat ini adalah sodium bicarbonate dan meylon 84-BP.

Efek Samping Natrium Bikarbonat

Dalam setiap konsumsi obat selalu memunculkan efek samping tertentu, namun belum tentu muncul di setiap pemakaian obat. Meski begitu bukan tidak mungkin terjadi, jika efek samping muncul berlebihan maka harus segera ditangani oleh medis. Obat ini bisa menyebabkan beberapa efek samping, mulai dari yang ringan hingga berat, seperti berikut.

  • Alkalosis metabolik.
  • Nafas cepat.
  • Irama jantung ireguler.
  • Hipernatremia.
  • Perut kembung.
  • Kram perut.
  • Nekrosis pada area injeksi.

Jika beberapa efek samping di atas kemunculannya semakin memburuk segera hubungi dokter atau kunjungi rumah sakit terdekat agar segera mendapat penanganan medis. Selain itu kenali juga beberapa gejala yang jarang muncul tetapi menjadi kondisi yang sangat serius, diantaranya seperti berikut ini.

  • Kenaikan berat badan yang tidak bisa dihindari.
  • Kejang, nyeri dada hingga pembengkakan tangan atau lengan.

Fungsi Obat

Kandungan ini bekerja pada tubuh sebagai alkalizer sistemik, mampu meningkatkan plasma bikarbonat yang terdapat di dalam darah. Senyawa ini juga bisa menyangga konsentrasi ion hidrogen berlebih sehingga mampu meningkatkan pH darah. Selain itu senyawa ini juga bertindak sebagai alkalizer pada urin dengan meningkatkan eksresi ion bikarbonat bebas dalam urin.

Sehingga secara efektif bisa meningkatkan pH urin, pada kondisi urin yang basa penghancuran batu asam urat bisa dilakukan. Senyawa ini bersifat antasida, fungsinya mampu menetralkan atau menyangga kondisi lambung yang asam, sehingga memberi kelegaan pada gejala penyakit yang disebabkan meningkatnya asam lambung, berikut beberapa manfaat senyawa ini.

  • Mengatasi asidosis metabolik yang pada umumnya muncul pada penyakit ginjal yang parah (renal tubular asidosis) dan diabetes tidak terkontrol.
  • Pembasaan urin, mengatasi overdosis obat antidepresan trisiklik, resusitasi hiperkalemia dan pelarut serta pembersih topikal.

Catatan Penting

Sangat direkomendasikan untuk tidak mengonsumsi obat ini dengan obat yang lainnya secara bersamaan. Interaksi pada obat mungkin akan terjadi jika beberapa obat secara bersamaan dikonsumsi. Apabila ingin menggunakan obat secara bersama, lakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Nantinya dokter akan mengganti dosis jika memang pasien harus mengonsumsi beberapa obat sekaligus. Mengonsumsi natrium bikarbonat secara bersamaan dengan obat lain bisa menyebabkan beberapa interaksi, seperti berikut ini.

  • Konsumsi obat ini dengan obat lain bisa mengurangi efek lithium, chlorpropamide dan salisilat karena adanya peningkatan enzim.
  • Obat ini dapat meningkatkan penyerapan obat-obatan tertentu karena adanya peningkatan pH intra-lambung.

Jangan mengonsumsi obat ini dengan susu atau produk susu, disarankan untuk tidak menggunakan obat ini selama lebih dari dua minggu. Jangan berikan obat ini ke anak dengan usia di bawah 12 tahun, kecuali pemberian obat tersebut atas saran atau petunjuk dokter. Apabila gejala yang dialami tak kunjung membaik maka sangat disarankan untuk menghubungi dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *