Hati-Hati, Begini Cara yang Benar Menggunakan Penyegar Mulut

Anda tentu pernah melihat produk penyegar mulut yang dijual secara bebas. Produk ini biasanya ditujukan untuk mengatasi berbagai permasalahan gigi dan mulut, salah satunya bau mulut.

Obat jenis ini seringkali dikenal juga dengan sebutan obat kumur. Pemakainnya hanya dianjurkan bagi orang dewasa untuk mencegah risiko tertelan secara tidak sengaja. 

Langkah-langkah menggunakan penyegar mulut

Banyak orang menggunakan obat kumur penyegar sebagai pengganti sikat gigi. Hal ini adalah hal yang keliru. Meskipun mampu meningkatkan kebersihan gigi dan mulut, obat kumur tidak bisa sepenuhnya dipakai untuk menggantikan prosedur sikat gigi dengan pasta gigi.

Sebaiknya, jika ingin menggunakan obat kumur penyegar mulut, ikuti langkah-langkah yang tepat berikut ini: 

  • Sikat gigi

Pertama-tama, tentunya Anda perlu menyikat gigi dengan bersih terlebih dahulu. Gunakan pasta gigi ketika menyikatnya. Apabila Anda menggunakan pasta gigi dengan kandungan fluorida, sebaiknya berikan jeda selama beberapa saat sebelum menggunakan obat kumur. 

  • Menuangkan obat kumur

Sebelum digunakan, tuang obat kumur ke wadah yang sudah disediakan. Biasanya, produk obat kumur menggunakan tutup botol sebagai takaran untuk menentukan jumlah obat kumur yang boleh dimasukkan ke dalam mulut. Jangan menggunakan obat kumur dalam jumlah berlebihan yang tidak sesuai dengan takaran. 

  • Mulai berkumur

Masukkan obat kumur ke dalam mulut Anda sesuai takaran di wadah yang sudah Anda tuangkan. Berkumurlah dengan hati-hati, jangan sampai ada cairan dari obat kumur yang tertelan secara tidak sengaja. Berkumurlah selama kurang lebih 30 detik. Setelah itu, keluarkan obat kumur dari mulut Anda. 

Langkah-langkah di atas adalah langkah yang benar untuk menggunakan obat penyegar mulut. Sebaiknya, hindari memberikan obat sejenis ini pada anak-anak, karena anak-anak bisa menelannya secara tidak sengaja. 

Bagaiman cara kerja obat penyegar mulut?

Pada dasarnya, cara kerja setiap jenis obat kumur berbeda-beda, tergantung pada bahan-bahan aktif yang digunakan dalam pembuatannya. Secara garis besar, kemampuan utama obat kumur adalah membunuh bakteri penyebab masalah mulut dan gigi, seperti bau mulut.

Akan tetapi, terkadang obat kumur juga menggunakan formula tambahan lainnya. Formula tambahan ini dapat bekerja dengan cara yang berbeda-beda.

Ada bahan formula aktif yang bisa mencegah dan mengatasi peradangan pada gusi. Ada juga yang bisa memutihkan warna gigi dan mengatasi bau mulut. Intinya, semua bahan pada obat kumur bekerja untuk menjaga kesehatan serta kebersihan gigi dan mulut Anda. 

Ada beberapa jenis bahan yang umumnya dijadikan komposisi dalam obat kumur penyegar mulut. Berikut ini bahan-bahan tersebut: 

  • Fluorida

Bahan ini merupakan bahan aktif yang juga sering digunakan pada pasta gigi. Fluorida mampu membunuh bakteri dan mengatasi kerusakan gigi, sekaligus mencegah gigi berlubang. 

  • Antimikroba

Bahan dengan sifat antimikroba mampu menyerang bakteri dan kuman di mulut. Biasanya, bahan ini bekerja dengan mengatasi bau mulut, plak, dan radang gusi pada tahap awal penyakit gigi. 

  • Peroksida

Peroksida merupakan kandungan aktif berupa pemutih. Penggunaannya bisa membantu mengatasi noda pada gigi, membuat gigi menjadi lebih putih dan tampak bersih. Biasanya, peroksida juga sering ditemukan pada produk pembersih rumah tangga. 

Sebaiknya, baca dengan seksama komposisi pada kemasan obat kumur sebelum membelinya. Cari tahu efek apa saja yang bisa dihasilkan oleh penggunaan suatu obat kumur. Anda bisa berkonsultasi pada dokter untuk meminta rekomendasi penyegar mulut yang efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *