Cara Tepat Memilih Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh

Jika Anda ingin terhindar dari penyakit, maka Anda harus memelihara sistem kekebalan tubuh Anda. Salah satu caranya dengan rutin mengonsumsi asupan vitamin untuk daya tahan tubuh.

Anda mungkin tahu bahwa mengonsumsi vitamin itu penting. Tapi, tahukah Anda bagaimana cara mengonsumsinya dengan cara yang tepat? 

Memilih vitamin untuk daya tahan tubuh

Ada orang yang memilih untuk meningkatkan asupan nutrisi dengan mengonsumsi suplemen vitamin kesehatan. Tapi, ada juga yang beranggapan bahwa suplemen sejenis itu tidak baik, sehingga lebih memilih untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi.

Sebenarnya, baik melalui makanan maupun melalui suplemen, sama-sama bisa berkontribusi dalam meningkatkan asupan nutrisi di tubuh Anda. Selama keduanya dilakukan dengan cara yang wajar. 

Akan lebih baik lagi kalau Anda bisa mengimbangi antara makanan sehat dengan suplemen vitamin. Ini akan membantu Anda untuk membentuk gaya hidup sehat, disertai dengan olahraga.

Agar Anda tidak salah pilih, cobalah perhatikan jenis-jenis vitamin untuk daya tahan tubuh berdasarkan kebutuhan berikut ini: 

  • Berusia di atas 50 tahun

Bagi Anda yang sudah berusia di atas 50 tahun, Anda akan memerlukan nutrisi tertentu. Di usia ini, tubuh mulai kehilangan kemampuan untuk menyerap vitamin D dan B12 akibat faktor pertambahan usia.

Oleh sebab itu, Anda perlu memperhatikan asupan vitamin D dan B12 secara khusus. Caranya bisa melalui konsumsi suplemen kesehatan maupun melalui makanan alami. 

  • Sedang atau akan hamil

Vitamin juga perlu dikonsumsi secara teratur bagi Anda yang sedang atau akan memasuki masa kehamilan. Ketika hamil, Anda mungkin akan sulit mendapatkan zat besi yang cukup dari makanan.

Ini bisa terjadi karena faktor hormonal, serta morning sickness yang membuat Anda muntah di pagi hari. Selain zat besi, tubuh Anda pun rentan kekurangan asam folat.

  • Di tengah program diet

Program diet kadang dilakukan sebagai upaya menurukan berat badan menjadi lebih sehat. Tapi, program diet yang dijalani dengan keliru akan membuat Anda kekurangan sejumlah nutrisi seperti vitamin B12 dan kalsium.

Kekurangan nutrisi ini bisa terjadi apabila Anda adalah seorang vegetarian atau memiliki alergi terhadap susu. Oleh sebab itu, bagi Anda yang sedang berdiet, vitamin untuk daya tahan tubuh yang Anda perlukan adalah vitamin B12 dan kalsium. 

  • Memiliki kondisi genetik tertentu

Vitamin untuk sistem kekebalan tubuh juga diperlukan bagi Anda yang memiliki kondisi genetik tertentu. Kondisi ini diwariskan oleh orang tua, dan mungkin akan membuat Anda kesulitan menyerap nutrisi.

Ini secara khusus bisa terjadi apabila kondisi yang Anda alami meliputi penyakit hati, gangguan autoimun, kanker, ketergantungan alkohol, mutasi gen tertentu, penyakit radang usus, dan lain-lain.

  • Mengalami gejala kekurangan nutrisi

Dalam beberapa kasus, Anda bisa menyadari apabila Anda mengalami kekurangan nutrisi tertentu. Kondisi ini bisa menimbulkan gejala umum berupa kerontokan rambut yang ekstrim, nyeri tulang atau sendi, kelelahan yang serius, gangguan penglihatan, luka yang sembuh perlahan, dan lain-lain. 

Kekurangan nutrisi bisa terjadi apabila Anda menjadi seorang vegetarian selama bertahun-tahun. Kemungkinan besar, nutrisi yang tidak dimiliki dalam tubuh Anda berupa vitamin B12, vitamin D, serta kalsium.

Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk tahu lebih jauh apa saja vitamin untuk daya tahan tubuh yang diperlukan. Anda bisa meningkatkan asupan vitamin tersebut lewat makanan maupun melalui suplemen kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *