Apakah Efektif Melakukan Pijat Sakit Gigi?

Sakit gigi merupakan salah satu kondisi yang diyakini banyak orang sangat mengganggu, terlebih bagi mereka yang memiliki kewajiban bekerja maupun beraktivitas setiap harinya. Untuk meredakan kondisi ini, banyak orang pergi ke dokter gigi dan mengonsumsi obat pereda. Namun, tak jarang pula orang menggunakan pijat sakit gigi untuk meredakan kondisi tersebut.

Akupresur menjadi metode untuk mengatasi nyeri termasuk salah satunya pada sakit gigi sejak dahulu. Tekanan pada titik akupresur pada tubuh mampu dimanfaatkan dalam melancarkan aliran darah dan membuat otot di sekitar mulut lebih rileks, sehingga sakit gigi juga akan berangsur membaik hingga hilang.

Pijat Sakit Gigi

Sakit gigi muncuk karena saraf pada gigi menjadi rusak atau adanya iritasi, saraf ini kemudian memberi sinyal ke otak dan memunculkan rasa sakit seperti yang dialami seseorang tersebut. Meski demikian, pijat untuk sakit gigi tidak mampu digunakan untuk mengatasi penyebab gigi sakit. Untuk meringankan sakit, terdapat beberapa titik yang harus mendapat pijatan seperti berikut ini.

  • Tulang Pipi

Titik pijatan pada area ini disebut dengan quanliao atau celah tulang pipi, tepatnya berada di bawah tulang pipi. Dalam menentukan quanliao, harus bisa menarik garis langsung dari sudut luar mata ke lekukan tulang pipi. Fungsi pijatan ini adalah untuk meringankan sakit gigi serta keadaan hidung tersumbat.

  • Tulang Rahang

Disebut juga jiache dan diartikan sebagai tulang rahang, adalah titik pijat yang berfungsi untuk meredakan nyeri. Titiknya berada di antara sudut mulut dan bagian bawah daun telinga, pijatan ini harus dengan mengepalkan rahang, sehingga dapat merasakan otot-otot yang terteuk di pipi, fungsi pijatan ini adalah untuk membantu gejala sakit, pembengkakan dan mengurangi kejang.

  • Antara Ibu Jari dan Telunjuk

Titik pijat ini berada di antara ibu jari dan telunjuk, fungsi dari melakukan pijatan ini adalah membanu meredakan sakit gigi, sakit kepala dan sakit lain di area wajah. Termasuk meredakan peradangan, namun demikian titik pijat di area ini sangat tidak dianjurkan oleh ibu hamil.

  • Otot Bahu

Titik selanjutnya adalah pada otot bahu atau berada di antara leher dan ujung bahu, fungsinya juga masih sama yakni meredakan rasa sakit yang muncul. Bisa dengan melakukan gerakan mencubit menggunakan ibu jari dan jari tengah, lalu memberi tekanan pada jari telunjuk, sambil perlaghan melepaskan cubitan.

Efektifitas Pijat untuk Sakit Gigi

Dalam sebuah tinjauan yang dicatat, World Health Organization (WHO) telah mendaftarkan teknik pemijatan atau akupuntur dan akupresur sebagai perawatan efektif untuk sakit gigi pada tahun 2003. Akupresur merupakan bentuk pengobatan alami dan holistik, tindakan memberi tekanan pada titik tertentu di tubuh.

Tekanan yang memberi sinyal pada tubuh untuk bisa meredakan ketegangan, mengatasi aliran darah dan mengurangi rasa sakit. Seseorang bisa melakukan teknik pijatan dengan sendirinya, dibantu teman hingga mengunjungi pemijatan profesional. Termasuk dalam salah satu cara mengobati sakit gigi.

Meski demikian, seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa teknik pemijatan tidak dapat digunakan untuk mengatasi penyebab dari munculnya sakit gigi. Teknik ini lebih kepada mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan dan disebabkan karena sakit gigi dalam waktu yang sementara.

Perlu diketahui jika pijat sakit gigi tidak boleh digunakan sebagai pengganti kunjungan ke dokter gigi, namun hanya bisa dilakukan untuk mengurangi rasa sakit sementara hingga penderita memeriksakan diri ke dokter sebagi upaya penanganan dan pengobatan untuk kesembuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *