Aneka Macam Pilihan Promina Bubur Bayi untuk Lengkapi Gizi Anak

promina bubur bayi

Ketika memasuki usia 6 bulan, inilah waktu yang tepat untuk orang tua memperkenalkan makanan padat kepada si kecil untuk melengkapi kebutuhan gizi dan nutrisinya. 

Bayi yang sudah menginjak usia 6 bulan awalnya hanya mampu mengkonsumsi sekitar satu sendok teh sayuran atau buah saja. Porsi ini kemudian akan terus bertambah secara perlahan dan bertahap seiring dengan berjalannya waktu.

Makanan untuk bayi 6 bulan bisa dibuat dari beragam jenis makanan sehat lainnya, tidak hanya dari buah-buahan dan sayuran. Beberapa pilihan makanan tersebut yaitu:

  • Sereal yang bebas gluten.
  • Buah dan sayuran yang dihaluskan.
  • Daging ayam atau sapi yang dihaluskan.
  • Tahu. bisa dibuat menjadi bubur.
  • Berbagai kacang-kacangan yang dihaluskan. Bisa menggunakan kacang seperti kacang merah, edamame dan kacang hijau.

Bubur bayi untuk anak usia 6 bulan bisa dibuat sendiri dan biasanya cara ini adalah salah satu cara yang paling banyak dipilih para orang tua. Tetapi, selain bubur bayi bisa dibuat sendiri, sudah banyak juga bubur bayi yang dijual di pasaran.

Jangan khawatir karena bubur bayi yang dijual di pasaran juga dibuat sesuai dengan aturan khusus yang dibuat oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Aturan tersebut meliputi higienitas, standar keamanan, serta kandungan dari nutrisinya.

MPASI instan atau bubur bayi yang tersedia di pasaran tentunya sudah mendapatkan nomor registrasi dari BPOM sehingga produk tersebut aman untuk dikonsumsi si kecil.

Kapan waktu yang tepat untuk memberikan MPASI untuk anak?

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia atau IDAI, tanda-tanda fisik anak sudah bisa diberikan makanan tambahan selain ASI, yaitu:

  • Ketika anak sudah dapat mengangkat kepalanya dan duduk dengan leher tegak tanpa bantuan orang tua.
  • Ketika anak mulai menunjukkan ketertarikannya pada makanan. Bisa dilihat dari respon anak ketika melihat makanan di hadapannya seperti ingin meraih atau mengambilnya.
  • Ketika anak masih menunjukkan tanda-tanda lapar walaupun sudah diberikan ASI.

Bayi berusia 6 bulan umumnya akan menunjukkan tanda-tanda fisik seperti yang disebutkan di atas, maka dari itu waktu yang paling tepat untuk mulai memberikan MPASI adalah ketika buah hati sudah menginjak usia 6 bulan.

Promina bubur bayi untuk melengkapi nutrisi dan gizi anak

Salah satu produk bubur bayi instan yang tersedia di pasaran adalah Promina Bubur Bayi. Bubur bayi ini memiliki tekstur yang halus sehingga akan cocok digunakan sebagai makanan pengenalan pertama.

Promina Bubur Bayi dibuat dengan bahan-bahan yang aman untuk bayi dimana bubur bayi ini tidak dilengkapi MSG, pemanis, ataupun pengawet makanan. Selain itu, bubur bayi ini mengandung banyak zat besi dan kalsium yang dapat mendampingi tumbuh-kembang si kecil dengan baik.

Promina Bubur Bayi hadir dengan banyak pilihan rasa. Inilah pilihan rasa dari Promina Bubur Bayi yang bisa menjadi pilihan untuk diberikan kepada si kecil.

1. Promina Milky Beras Merah

Beras merah juga memiliki manfaat yang baik untuk si kecil karena mengandung banyak nutrisi (folat, kalsium, zinc, natrium, kalium, dan vitamin B) sehingga sangat baik untuk tumbuh kembang bayi.

2. Promina Smooth Kacang Hijau

Kacang hijau memiliki nutrisi baik yang kaya untuk tumbung kembang bayi. Kacang hijau sendiri memiliki kandungan yang baik untuk bayi yaitu mengandung tinggi vitamin, mineral, dan sumber protein nabati terbaik.

3. Promina Pisang Susu

Pisang adalah salah satu buah yang paling sering menjadi pilihan untuk bayi berusia 6 bulan. Kaya serat dan kalsium, pisang menjadi salah satu makanan yang aman bagi perut bayi. Meskipun demikian, ada baiknya untuk tidak terlalu sering memberikan pisang karena bisa menyebabkan konstipasi.

4. Promina Steamed Chicken Mushroom

Ayam merupakan makanan yang baik untuk tumbuh kembang bayi dimana ayam mengandung protein yang sangat baik untuk mendampingi tumbuh kembang bayi tersebut. Sama seperti ayam, jamur juga mengandung protein yang tinggi khususnya protein nabati.

5. Promina Cheezy Chicken Broccoli

Kadar air dan serat yang tinggi yang terkandung dalam brokoli mampu meningkatkan pergerakan usus, meningkatkan jumlah bakteri baik (probiotik), dan melancarkan pencernaan makanan. Nutrisi ini dapat membantu bayi untuk terhindar dari gangguan pencernaan seperti sembelit dan diare.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *