Amankah Penggunaan Obat Tidur Tanpa Resep?

Kondisi insomnia bisa menghampiri siapa saja. Insomnia menyebabkan Anda sulit tidur terutama pada malam hari. Untuk mengatasi hal tersebut, penggunaan obat tidur dapat membantu. Umumnya, obat tidur akan diresepkan oleh dokter jika Anda mengalami keluhan berupa kesulitan tidur dalam jangka waktu panjang. Akan tetapi, ternyata ada juga beberapa jenis obat tidur yang bisa Anda dapatkan tanpa menggunakan resep dokter. Penggunaan obat tidur akan aman selama Anda menerapkan cara konsumsi yang tepat. 

obat tidur

Cara aman konsumsi obat tidur tanpa resep 

Menggunakan obat tidur tanpa resep tetap perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini agar tetap aman dan menghindari overdosis obat. 

  1. Hindari aktivitas yang membutuhkan fokus

Salah satu efek obat tidur adalah rasa mengantuk di hari berikutnya. Untuk itu, sebaiknya Anda hindari aktivitas yang membutuhkan fokus seperti mengoperasikan alat khusus dan menyetir selama masa penggunaan obat tidur. 

  1. Jangan mengonsumsi alkohol

Saat mengonsumsi obat tidur, hindari minum alkohol sebab memunculkan efek tertentu. Saat Anda minum alkohol bersamaan dengan obat tidur, maka efek menenangkan dari obat akan meningkat. Dampak paling fatal dari hal ini yaitu risiko terjadinya kematian. 

  1. Sesuaikan dengan kondisi tubuh

Anda perlu memahami bahwa tidak semua obat tidur cocok untuk digunakan oleh semua orang. Ibu hamil dan menyusui disarankan untuk tidak mengonsumsi obat tidur. Pada lansia di atas 75 tahun juga akan meningkatkan risiko demensia dan stroke jika mengonsumsi obat tidur. Selain itu, oenderita asma, penyakit paru obstruktif kronis, sleep apnea, penyakit hati, obstruksi sistem pencernaan, dan glukoma perlu menghindari obat tidur jenis doxylamine dan diphenhydramine

  1. Batasi konsumsi 

Cara lainnya agar konsumsi obat tidur tanpa resep tetap aman adalah dengan membatasi dosis dan intensitas penggunaan. Hindari menggunakan obat tidur terlalu sering atau terlalu lama. Obat tidur tidak disarankan untuk dikonsumsi lebih dari dua minggu. 

Jenis-jenis obat tidur tanpa resep

Berikut ini merupakan beberapa jenis obat tidur yang bisa dibeli tanpa menggunakan resep dokter. 

  1. Valerian

Obat tidur pertama yang dapat dibeli tanpa resep dokter adalah valerian. Digolongkan sebagai jenis suplemen, valerian berasal dari tanaman yang dibuat untuk mengatasi kondisi susah tidur. Obat tidur berupa valerian tidak menimbulkan efek samping sehingga aman dikonsumsi. Meski demikian, tetap perlu dilakukan pembatasan konsumsi agar tidak terjadi ketergantungan obat tidur. 

  1. Suplemen melatonin

Selain valerian, Anda dapat membeli suplemen melatonin sebagai obat tidur tanpa resep dokter. Dengan mengonsumsi suplemen melatonin maka dapat mempercepat Anda untuk terlelap dan meredakan jet lag. Efek samping yang ditimbulkan oleh suplemen melatonin berupa rasa mengantuk di siang hari dan sakit kepala. 

  1. Diphenhydramine

Obat tidur tanpa resep lainnya adalah diphenhydramine. Obat ini merupakan golongan antihistamin yang bekerja seperti halnya obat penenang. Efek samping yang ditimbulkan cukup banyak seperti penglihatan kabur, konstipasi, kesulitan buang air kecil, mulut kering, dan rasa kantuk di siang hari. 

  1. Doxylamine succinate

Doxylamine succinate juga tergolong sebagai obat penenang antihistamin. Obat ini bisa dibeli bebas tanpa resep dokter. Akan tetapi, efek samping yang ditimbulkan pun banyak dan mirip seperti obat diphenhydramine. 

Penggunaan obat tidur tanpa resep harus dilakukan dengan bertanggung jawab. Anda perlu mewaspadi kemungkinan ketergantungan jika menggunakan obat tidur setiap saat. Ingat selalu bahwa permasalahan berupa sulit tidur perlu penanganan khusus dan penggunaan obat tidur hanya untuk membantu dan bersifat sementara saja. Sebaiknya Anda segera menghubungi dokter untuk berkonsultasi lebih lanjut apabila sudah mulai merasa ketergantungan dengan obat tidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *