Amankah Jika Sering Melakukan Ejakulasi dan Manfaatnya

Ejakulasi adalah proses dimana pria mencapai klimaks saat melakukan hubungan seksual. Ejakulasi ditandai dengan keluarnya air mani yang berisi sperma. Normalnya, seorang pria mengalami ejakulasi 5,5 menit setelah penetrasi. Jika lebih cepat, maka bisa menandakan seseorang mengalami gangguan seksual, yakni ejakulasi dini. 

Selain memberikan kepuasan seksual, ejakulasi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, loh! Seperti menjaga kualitas tidur dan mengurangi stress. Tapi, amankah jika seorang pria melakukan ejakulasi terlalu sering? Berikut ini penjelasannya. 

Apakah aman melakukan ejakulasi terlalu sering?

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2016 menunjukkan jika seseorang yang sering melakukan ejakulasi bisa menurunkan risiko kanker prostat. Namun, penelitian ini masih terus dilakukan untuk mengetahui kebenarannya secara pasti. 

Penelitian lain juga menunjukkan jika sering melakukan ejakulasi tidak memengaruhi kesehatan sperma. Memang, jumlah sperma akan mengalami penurunan, namun masih dalam batas yang normal.

Pada dasarnya, tidak ada aturan pasti seseorang untuk melakukan ejakulasi. Selama tidak ada masalah dan merasa nyaman, kamu bisa melakukan ejakulasi sesering mungkin. Seringnya melakukan ejakulasi bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti usia, kesehatan, dan juga hubungan seksual yang dilakukan. 

Manfaat ejakulasi

Melakukan ejakulasi bisa meningkatkan gairah yang membuat hormon oksitosin dan dopamin juga meningkat. 

Oksitosin merupakan hormon yang bisa memberikan rasa bahagia, mengurangi stres, dan memberikan emosi yang positif. Dopamin juga salah satu hormon yang bisa memberikan energi positif, sehingga bisa memberikan rasa nyaman. 

Melakukan ejakulasi juga memberikan manfaat berikut ini:

  • Tidur jadi lebih nyenyak dengan kualitas yang baik
  • Kualitas sperma juga jadi meningkat
  • Bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Memperbaiki gejala migrain
  • Mengurangi risiko penyakit jantung
  • Bisa meningkatkan mood dan mengurangi stress

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan oleh Jurnal Social Psychological and Personality Science menemukan jika pasangan yang berhubungan setiap minggu merasa lebih bahagia, tidak stress, dan memiliki kepuasan hubungan yang baik. 

Selain itu, melakukan ejakulasi saat berhubungan seks juga merupakan bentuk olahraga yang bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, obesitas, diabetes, dan beberapa masalah kesehatan lainnya. 

Tips agar tidak mengalami ejakulasi dini

Ejakulasi dini biasanya terjadi saat pria tidak bisa menahan ereksi dan membuat air mani keluar lebih cepat. Hal ini termasuk disfungsi seksual dan bisa mengganggu kenikmatan hubungan seksual baik untuk diri sendiri maupun pasangan. 

Berikut ini beberapa tips untuk menahan ejakulasi agar hubungan intim semakin memuaskan dan tahan lama. 

Olahraga

Olahraga bisa membuat produksi hormon testosteron meningkat, sehingga gairah seksual juga meningkat. 

Kamu bisa melakukan beberapa gerakan seperti senam kegel yang bisa memperkuat otot-otot pada dasar panggul, sehingga proses ereksi bisa tahan lama dan kamu mengalami ejakulasi di waktu yang tepat. 

Olahraga lain yang bisa mengatasi disfungsi ereksi yakni seperti aerobik, berenang, bersepda, dan juga berlari. 

Melakukan foreplay lebih lama

Sebelum melakukan hubungan seksual, sebaiknya lakukan secara perlahan dan tidak perlu terburu-buru. 

Kamu bisa melakukan foreplay selama mungkin dengan menyentuh titik-titik yang bisa meningkatkan gairah. Foreplay juga bisa membuat badan jadi lebih tenang, sehingga hubungan seks semakin menyenangkan. 

Jaga berat badan

Obesitas juga menjadi penyebab gairah seksualmu menurun dan aktivitas seksual tidak bisa bertahan lama. 

Agar hubungan seksual makin tahan lama, sebaiknya kamu menjaga berat badan dan mengonsumsi makanan yang bergizi. Kurangi mengonsumsi makanan dengan kalori dam gula yang tinggi. 

Kelola stres dengan baik 

Menjaga mood tetap bagus juga membuat hubungan intim makin menyenangkan. Kamu bisa mengelola stres dengan melakukan beberapa kebiasaan seperti, tidur cukup, berinteraksi dengan orang lain, melakukan beberapa kegiatan yang disukai, hingga berbagi cerita dengan orang-orang terdekat. 

Coba untuk menahan ejakulasi

Teknik ini biasanya disebut teknik kamasutra yang bisa membuat ejakulasi tahan lama. Caranya yakni dengan mencabut penis dari vagina karena ketika kamu mulai merasakan orgasme. 

Jadi, melakukan ejakulasi sesering mungkin aman dilakukan dan tidak terbukti memiliki efek samping yang membahayakan. Pastikan kamu cukup berolahraga dan mengonsumsi makanan bergizi agar ejakulasi bisa tahan lama. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *