10 Suplemen untuk Ibu Menyusui Terbaik dan Aman

binary comment

Kesehatan ibu selama menyusui tak kalah pentingnya di kala sedang hamil, sebab kesehatan ibu akan menunjang kesehatan untuk si bayi pula. Mengonsumsi suplemen untuk ibu menyusui bisa menjadi salah satu caranya.

Suplemen berfungsi untuk memenuhi vitamin, mineral, dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh namun tidak dapat dipenuhi dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Banyak ahli yang menyebut bahwa ibu menyusui aman untuk mengonsumsi suplemen ini. 

Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Ibu Menyusui

Ada berbagai jenis suplemen untuk ibu menyusui, baik yang ditujukan untuk memperbanyak produksi ASI dan ada juga yang bertujuan untuk mendukung kesehatan tubuh ibu secara menyeluruh. Perhatikan dan kenali bahan-bahan yang terkandung di dalamnya, pilih suplemen yang cocok dan Anda butuhkan.

1. Hydromamma

Hydromamma merupakan suplemen berbentuk minuman dengan kandungan nutrisi tinggi, seperti asam folat dan vitamin C. Bahan-bahan yang digunakan alami dan mampu memenuhi kebutuhan hidrasi bagi ibu menyusui.

Selain itu, Hydromamma juga memiliki sejumlah varian rasa, seperti kelapa, mix berry, blackcurrant, kopi, jeruk, dan lemon. Semuanya berasal dari buah alami, bebas perasa, dan juga pewarna buatan. 

2. Kimia Farma Asifit

Asifit merupakan produk suplemen herbal yang mampu memperlancar produksi asi. Mengandung ekstrak daun katuk dan juga vitamin B kompleks yang membantu menjaga stamina para ibu menyusui.

Keunggulan lainnya dari Asifit adalah harganya yang cukup terjangkau sehingga tidak membebani pengeluaran bulanan. Asifit sendiri dinobatkan sebagai Brand Terbaik (Top Brand) di tahun 2017, oleh karena itu Anda tak perlu meragukan kualitasnya. 

3. Herbilogy Ekstrak Daun Katuk

Suplemen pelancar ASI dalam bentuk teh ini menjadi solusi bagi Anda yang tidak suka atau tidak bisa mengonsumsi tablet. Produk ini menggunakan 100 persen ekstrak daun katuk tanpa adanya bahan tambahan gula, zat pewarna, perasa, MSG, pengawet, atau bahan kimia obat.

Anda dapat mengonsumsinya dengan mencampur ke dalam air hangat. Akan tetapi jika Anda kurang menyukai rasa pahit dari daun katuk, Anda dapat mencampurkannya ke dalam smoothies atau menambahkan madu murni sebagai perasa.

4. Motherlove Goat’s Rue

Suplemen untuk ibu menyusui selanjutnya terbuat dari bahan herbal goat’s rue atau Galega officinalis dengan kandungan yang cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan Anda saat menyusui.

Goat’s rue bermanfaat untuk memperlancar ASI dan mengendalikan kadar gula darah sehingga cocok dikonsumsi bagi ibu menyusui yang memiliki kadar gula darah cukup tinggi. Suplemen ini tidak mengandung produk susu, telur, ikan, kerang-kerangan, kacang-kacangan, gandum, ataupun gluten. 

5. MamaBear Lactation Herbal Tea

Satu lagi suplemen berbentuk teh yang dapat diseduh dengan mudah dan siap dikonsumsi. Di dalamnya terkandung Moringa, tanaman yang kaya antioksidan yang membantu menjaga kesehatan Anda selama menyusui. 

Ditambah dengan ekstrak habbatussauda atau jintan hitam yang mampu menjaga stamina Anda. Tak hanya memperlancar ASI, suplemen ini juga dapat meningkatkan kualitas ASI Anda.

6. Almom ASI Booster

Bagi Anda yang alergi susu sapi atau laktosa, Anda bisa mengonsumsi suplemen dalam bentuk susu almond berikut ini. Berasal dari kacang almond murni tanpa adanya bahan kimia tambahan, sehingga meningkatkan kandungan asam amino esensial, asam folat, vitamin, serta antioksidan.

Sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui. Selain itu, Almom ASI Booster memiliki 16 varian rasa yang tidak akan membuat Anda bosan. 

7. Herbana Relief Sari Daun Katuk

Suplemen untuk ibu menyusui satu ini mengandung ekstrak daun katuk alami yang mampu merangsang produksi ASI dan juga mengatasi anemia yang diakibatkan kekurangan zat besi. 

Berbentuk kapsul, suplemen ini aman untuk dikonsumsi setelah makan dengan dosis 2 kapsul sebanyak 2 kali per hari. 

8. Dami Sariwana Habis Bersalin

Suplemen herbal ini ditujukan bagi ibu menyusui yang ingin memperlancar ASI. Selain itu, kandungan herbal alami di dalamnya juga membantu memulihkan kesehatan ibu setelah bersalin dan memelihara kesehatan rahim. 

Kombinasi ekstrak akar wangi, temu lawak, buah kemukus, daun jungrahab, dan kencur ini tergabung dalam satu kapsul yang dapat diminum setelah makan. 

9. Herbalacta

Obat herbal sekaligus suplemen ini dapat membantu melancarkan produksi ASI, terutama bagi ibu menyusui yang merasa produksi ASI-nya menurun. Ekstrak daun legundi dan buah chastberry di dalamnya juga ampuh untuk membuat volume ASI menjadi lebih deras.

Untuk penggunaan suplemen satu ini sebaiknya mengikuti anjuran dokter atau sesuai dengan petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan. Penggunaan yang berlebihan dapat menyebabkan efek samping.

10. Blackmores Pregnancy and Breast-feeding Gold

Suplemen untuk ibu menyusui dari Blackmores ini mengandung 17 nutrisi esensial yang lengkap bagi ibu dan bayi, seperti iodine dan DHA yang membantu perkembangan kecerdasan anak. 

Minyak ikan sebagai sumber omega-3 di dalam suplemen ini tidak berbau sehingga tidak meninggalkan rasa amis. Kemudian, suplemen Blackmores ini juga mengandung kalsium untuk menjaga kesehatan tulang Anda selama masa menyusui.

Ibu menyusui membutuhkan nutrisi yang lebih banyak daripada saat masa hamil. Diperlukan sejumlah nutrisi penting seperti protein, kalsium, asam folat, magnesium, zat besi, dan serangkaian vitamin yang membantu menunjang kesehatan Anda dan bayi.

Nutrisi penting tersebut bisa Anda dapatkan melalui pola makan yang sehat dengan makanan bernutrisi tinggi. Selain itu, tetap hidrasi tubuh dengan memperbanyak minum air. Batasi juga konsumsi alkohol, kafein, ikan tinggi merkuri, dan hindari merokok. 

Selain dapat diberikan melalui asupan makanan, Anda juga bisa mencukupi asupan nutrisi dengan mengonsumsi suplemen untuk ibu menyusui yang aman dan diimbangi dengan pola hidup sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *