Teknik Aman Renang Gaya Punggung untuk Para Pemula

Teknik untuk mahir renang gaya punggung bagi pemula

Selain menyehatkan renang memiliki manfaat lain bagi tubuh, yaitu tubuh lebih rileks dan segar. Oleh karena itu tidak ada salahnya jika melakukan olahraga yang satu ini karena renang memiliki manfaat yang beragam.

Saat berenang ada beberapa gaya yang dapat Anda gunakan seperti gaya katak, gaya kupu-kupu, dan juga gaya punggung. Renang gaya punggung merupakan renang dengan posisi punggung menghadap ke permukaan air. Sedangkan gerakan kaki dan tangan sama seperti gerakan bebas. 

Teknik Renang Gaya Punggung yang Tepat

Teknik renang gaya punggung memang cukup sulit untuk dikuasai. Butuh latihan yang sangat intensif dan lama agar dapat menguasai gaya renang ini dengan cukup baik. Bagi Anda yang baru saja mempelajari renang gaya punggung, berikut adalah teknik dasar renang gaya punggung bagi pemula: 

  • Perhatikan Posisi Badan

Teknik dasar renang gaya punggung yang pertama adalah memperhatikan posisi badan. Posisi badan yang tepat untuk renang gaya punggung yaitu badan telentang di permukaan air. Mungkin akan terasa sulit bagi pemula untuk melakukan posisi ini, karena takut apabila tenggelam. 

Saat renang gaya punggung, tubuh sebaiknya mengambang sedatar mungkin di permukaan air. Semakin sempit tubuh Anda di dalam air, hambatan air saat berenang pun akan berkurang sehingga Anda bisa melaju lebih cepat.

  • Kaki Rileks dan Tidak Kaku

Ini penting, sebab nantinya menjadi penentu apakah tubuh Anda dapat bergerak atau hanya mengambang. Usahakan kondisi kaki cukup rileks saat digerakan sehingga dapat bergerak dengan baik. Jika kondisi kaki kaku, maka tubuh pun akan dengan mudah kehilangan keseimbangan.

Tahapan atau cara renang gaya punggung ini, harus dapat menggerakkan kaki dengan sangat baik. Gerakan kaki yang utama yaitu gerakan kaki ke atas. Saat gerakan kaki ke arah atas atau dapat mencapai posisi di atas permukaan air, maka posisi tubuh terlentang akan stabil.

  • Gerakan Tangan Seirama

Pada umumnya ada tiga fase gerakan tangan dalam gaya renang punggung, antara lain :

  • gerakan pull (gerakan penarikan), 

Gerakan menarik pada renang gaya punggung dilakukan setelah telapak tangan masuk ke permukaan air hingga mencapai titik maksimal tekukan siku atau telapak tangan berada di samping luar bahu.

  • Gerakan push (gerakan pendorongan) 

Gerakan mendorong pada renang gaya punggung dilakukan saat akhir tarikan tangan. Gerakan tangan ini mendorong ke belakang dan juga ke bawah.

  • Recovery (istirahat). 

Fase ini diawali dari tangan keluar dari permukaan air dengan posisi ibu jari terlebih dahulu keluar. Setelah tangan berada di atas bahu (posisi lengan tegak lurus dengan posisi bahu), tangan diputar keluar, kemudian masuk ke permukaan air dengan posisi jari kelingking terlebih dahulu.

Ketika melakukan gerakan memasukkan tangan ke dalam air, sisi telapak tangan yang dimasukkan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar memperkecil tahanan di dalam air. 

Seluruh fase gerakan tersebut seharusnya dilakukan secara seirama dan beraturan. Tujuannya agar posisi Anda ketika di dalam air dapat sempurna dan dapat bergerak dengan baik.

  • Latihan Pernapasan

Cara mengambil napas pada renang gaya punggung lebih mudah dilakukan dibanding dengan gaya renang yang lain, karena posisi kepala pada renang gaya punggung adalah menghadap ke atas. Sehingga pengambilan napas dalam gaya ini tidak terlalu sulit karena muka tidak masuk ke dalam air. 

Namun meskipun begitu Anda harus tetap berhati-hati saat mengambil napas karena percikan air juga dapat mengganggu Anda. Cara bernafas dalam renang gaya punggung yaitu mengambil nafas ketika istirahat dari satu lengan. Kemudian mengeluarkannya ketika lengan yang lainnya istirahat.

  • Koordinasi Gerak yang Benar 

Kunci sukses renang gaya punggung adalah koordinasi gerakan kaki dan tangan. Pastikan posisi badan Anda tetap horizontal agar sukses melakukan gaya renang yang satu ini. Soal pernapasan, Anda tidak perlu khawatir karena muka yang selalu menghadap ke atas dapat membuat Anda mengambil napas lebih mudah.

Bagi Anda yang baru pertama kali mencoba renang gaya punggung, sebaiknya saat melakukan latihan Anda meminta seseorang untuk mendampingi Anda. Selain itu gerakan safety pada renang gaya punggung juga sebaiknya tidak diabaikan, meskipun telah menguasai renang gaya punggung agar tidak terjadi cedera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *