Seputar Penyakit Meniere yang Perlu Diktehaui, Atasi dengan Versilon

Rasa sakit kepala berputar dan kehilangan pendengaran bisa menjadi tanda penyakit meniere. Penyakit ini mulai diperbincangkan setelah salah satu penyanyi pop Jessie J., mengalami hal ini. Salah satu cara mengatasi meniere adalah dengan mengonsumsi Versilon.

Ciri khas penyakit meniere adalah penderitanya mengalami telinga berdenging hingga lama-kelamaan menjadi kehilangan pendengaran pada satu sisi telinga. Penyakit ini bisa dialami oleh siapa pun, baik pada orang usia dewasa muda hingga paruh baya. Meskipun meniere bersifat kronis, gejala dan efek samping bisa berkurang dengan perawatan yang tepat.

Gejala Penyakit Meniere

Gejala yang penyakit meniere biasanya hilang dan timbul dalam beberapa waktu. Beberapa gejala yang dirasakan penderita saat mengalami meniere, diantaranya adalah:

1.Vertigo berulang

Penderita meniere akan mengalami vertigo atau sensasi kepala berputar secara spontan. Vertigo terjadi tanpa peringatan sebelumnya dan berlangsung selama 20 menit atau hingga beberapa jam. Jika vertigo tergolong parah, penderitanya juga akan merasakan mual

2.Kehilangan pendengaran

Pada awalnya, penderita akan mengalami berdenging pada telinga atau disebut juga tinnitus yang bersifat datang dan pergi. Lama-kelamaan, gejala ini bisa berubah hingga hilang pendengaran permanen seiring berjalannya waktu.

3.Perasaan penuh di telinga

Penderita meniere biasanya merasakan tekanan di telinga atau telinga terasa seperti tersumbat. 

Selain itu, beberapa gejala meniere lainnya adalah seperti kehilangan keseimbangan, mual, muntah, dan banyak berkeringat karena mengalami vertigo berat.

Penyebab Penyakit Meniere

Hingga saat ini, penyebab penyakit meniere belum diketahui dengan pasti. Namun, gejala yang dirasakan penderita diyakini muncul karena adanya penumpukan cairan di telinga bagian dalam.

Beberapa hal atau kondisi yang dapat memicu penumpukan cairan di telinga bagian dalam, diantaranya adalah:

  • Infeksi virus
  • Kelainan genetik
  • Kelainan bentuk telinga
  • Gangguan sistem imun
  • Penyumbatan di bagian dalam telinga

Cara Mengatasi Penyakit Meniere

Saat ini belum ditemukan pengobatan agar penyakit meniere sembuh secara total. Namun, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meredakan gejala dan mengurangi frekuensi kambuhnya meniere. Hal-hal yang perlu dilakukan dalam mengurangi gejala dari penyakit ini, diantaranya adalah:

  • Membatasi garam

Garam yang berlebih bisa membuat cairan menumpuk di dalam tubuh, termasuk area telinga dalam. Biasanya, dokter akan menyarankan penderita penyakit meniere untuk mengurangi konsumsi garam.

  • Pemberian diuretik

Dokter akan meresepkan obat diuretik bagi penderita meniere untuk membantu membuang kelebihan cairan di tubuh. Dengan begitu, tekanan pada telinga bagian dalam juga akan berkurang.

  • Perubahan gaya hidup

Menjalani pola hidup yang lebih sehat bisa membantu penderita meniere mengurangi gejalanya. Jauhi rokok, batasi konsumsi kafein, cokelat, dan alkohol dapat meringankan gejala dari penyakit ini.

  • Pemberian obat

Salah satu obat yang biasa diresepkan dokter untuk mengurangi gejala meniere adalah Versilon. Obat ini memiliki kandungan betahistine mesylate 6 mg.

Versilon bekerja dengan meningkatkan aliran darah ke telinga dan kemudian mengurangi jumlah cairan di dalamnya.

Manfaat atau indikasi versilon lainnya, adalah:

  • Mengatasi penyakit meniere dengan gejala pusing berlebih, telinga berdenging (tinnitus), dan gangguan pendengaran
  • Mengurangi pusing seperti sensasi berputar (vertigo) karena gangguan pada bagian dalam telinga
  • Mengurangi pusing karena gangguan keseimbangan

Anda dapat mengonsumsi obat ini bersama makanan dengan dosis 1-2 kaplet sebanyak 3 kali/hari.

Beberapa efek samping yang mungkin muncul setelah Anda mengonsumsi Versilon, adalah:

  • Sakit kepala
  • Mual
  • Gangguan pencernaan
  • Reaksi alergi, seperti ruam kulit, bengkak pada wajah, bibir, lidah, atau leher, dan kulit gatal.
  • Perut kembung atau sakit perut

Penggunaan versilon dalam mengobati penyakit Meniere harus dengan resep dan arahan dokter. Pastikan Anda telah mendapatkan resep untuk mendapatkannya di apotek terdekat atau toko kesehatan online terpercaya, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *