Sama-sama Untuk Kulit, Ini Perbedaan Pabanox Dan Melanox

Kulit yang sehat, cerah, dan bersih adalah dambaan semua orang. Beberapa orang mungkin berpandangan bahwa kulit yang sehat dan cantik adalah kulit berwarna putih. Namun, standar kecantikan sendiri sangat relatif dan subjektif. Hal terpenting daripada berusaha membuat kulit menjadi putih dan mengikuti padangan ‘kulit putih itu cantik’ adalah menjaga kesehatan kulit.

Kulit yang sehat lebih bukan hanya akan membuat penampilan lebih segar dan menarik. Banyak krim-krim yang dibuat untuk menyehatkan kulit, mulai dari membuatnya tampak cerah hingga melindungi dari sinar matahari. Krim-krim tersebut diformulasikan untuk mengatasi masalah pada kulit hingga menyamarkan bintik hitam. 

Seperti pada kedua merek berikut, Pabanox dan Melanox. Keduanya sama-sama merupakan krim yang diaplikasi pada kulit, namun memiliki manfaat, kandungan, bahkan efek samping yang berbeda. Lantas apa sajakah itu? Berikut penjelasannya.

Apa itu pabanox

Pabanox adalah krim sunblock untuk melindungi kulit dari radiasi sinar matahari baik UVA maupun UVB. Padimate O, oksibenzon, dan titanium dioksida menjadi kandungan zat aktif utama dalam krim ini dalam menangkal pengaruh buruk sinar UV. Pabanox bermanfaat untuk melembabkan dan membuat kulit tetap halus.

Sunblock satu ini juga dapat mencegah tanda-tanda penuaan diri dari sinar matahari seperti garis halus, kulit kusam, kemerahan atau bintik hitam pada kulit. Pabanox dapat diaplikasikan 30 menit sebelum beraktivitas di bawah paparan sinar matahari.

Merupakan sunblock sebagai pelindung kulit, Pabanox memiliki manfaat yang lebih besar dibanding dengan efek sampingnya. Jika pemakaian terlalu banyak, Pabanox mungkin akan menimbulkan efek samping seperti gatal dan kemerahan pada kulit. 

Apa itu melanox

Sama seperti Pabanox, Melanox juga berbentuk krim. Melanox merupakan obat keras dengan hydroquinone sebagai zat aktif utamanya. Hydroquinone adalah zat yang dapat mengurangi pembentukan melanin (pigmen pemberi warna kulit) di kulit Anda. Krim ini bekerja dengan menghalangi proses melanin yang menyebabkan perubahan warna.

Kegunaan atau manfaat Melanox adalah untuk meringankan hiperpigmentasi atau bercak-bercak gelap pada kulit yang disebabkan oleh kehamilan, obat-obatan hormon, pil KB, atau peradangan seperti bekas jerawat. Pengaplikasiannya pun hanya boleh satu kali sehari saat malam pada bagian tubuh yang diperlukan dan sudah dibersihkan. 

Melanox memiliki beragam jenis seperti krim, pembersih wajah, serum, pelindung sinar UV, toner, hingga tisu pembersih wajah dan make up. Karena tergolong obat keras, maka untuk mendapatkan krim ini harus dengan resep dokter. Penggunaannya pun hanya dapat digunakan oleh orang dewasa dan anak di atas 12 tahun sesuai dengan petunjuk dokter.

Efek sampingnya sendiri dapat menimbulkan gejala alergi dan sensitifitas terhadap sinar matahari. Beberapa gejala serius akibat pemakaian berlebihan atau berkepanjangan dapat menimbulkan masalah pada kulit seperti kulit melepuh, kulit pecah-pecah, atau kulit menjadi biru kehitaman.

Apa perbedaan pabanox dan melanox

Beberapa perbedaan mencolok dari pabanox dan melanox adalah:

  1. Jenis obat

Pabanox adalah krim sunblock yang dapat diperoleh tanpa resep khusus dari dokter. Sedangkan Melanox adalah golongan obat keras yang memerlukan resep dokter. 

  1. Kandungan 

Pabanox mengandung padimat O, oksibenzon, dan titanium dioksida yang merupakan kandungan utama dari sunblock. Sementara Melanox memiliki kandungan utama hydroquinone sebagai zat penghalang pembentukkan melanin.

  1. Manfaat

Pabanox tentu bermanfaat untuk menangkal berbagai kerusakan kulit akibat sinar radiasi UVA/UVB matahari. Melanox sendiri digunakan untuk meringankan hiperpigmentasi pada kulit. Pabanox sebagai sunblock tentunya mengandung lebih banyak manfaat dibanding risikonya. Sementara Melanox sebagai obat keras dimungkinkan memiliki beberapa risiko dan perhatian khusus sebelum digunakan.

  1. Efek samping

Penggunaan berlebihan pabanox dapat menyebabkan kemerahan dan gatal serta menimbulkan reaksi alergi bagi penderita hipersensitif terhadap salah satu kandungannya. Melanox dapat menyebabkan kulit lebih sensitif terhadap matahari dan menimbulkan gejala alergi. Bahkan dalam jangka waktu panjang, penggunaan krim ini dapat mengakibatkan kulit menjadi biru kehitaman.

Sama-sama bermanfaat untuk kulit, namun kedua krim ini memiliki perbedaan. Kenali manfaat dan kandungan di dalamnya agar Anda tidak salah dalam memilih produk perawatan kulit. Jangan lupa untuk konsultasikan ke dokter mengenai kondisi kulit Anda sebelum memakai perawatan kulit terlebih untuk obat dengan golongan obat keras.

Dapatkan Pabanox maupun Melanox asli dengan harga khusus hanya di Toko SehatQ. Kunjungi Toko SehatQ sekarang melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Donwload aplikasinya di App Store atau Play Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *