Penting Bagi Tubuh, Berikut 8 Makanan Mengandung Vitamin B6 yang Mudah Didapat

Vitamin B6 adalah salah satu vitamin B kompleks yang memiliki fungsi penting dalam tubuh. Sehingga, penting sekali untuk mengkonsumsi makanan mengandung vitamin B6 karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri.

Vitamin B6 atau disebut juga piridoksin penting untuk menjaga kesehatan otak dan juga sistem saraf. Tanpa vitamin B6, tubuh tidak bisa menyerap vitamin B12 dan organ dalam tubuh tidak akan bisa berfungsi secara optimal.

Bagi orang dewasa yang berusia 19 hingga 50 tahun, membutuhkan 1,3 miligram vitamin B6 setiap harinya. Sedangkan ibu hamil butuh lebih banyak yaitu 1,9 miligram per harinya.

Tubuh yang kekurangan vitamin B6 akan mengalami anemia, ruam gatal, serta sistem kekebalan tubuh akan mengalami penurunan. Meskipun kasus kekurangan vitamin B6 ini jarang terjadi, bukan berarti Anda tidak mengkonsumsi makanan mengandung vitamin B6 ini.

Mengenal Makanan Mengandung Vitamin B6

Banyak orang yang biasanya mendapatkan asupan vitamin B6 dengan mengkonsumsi suplemen. Ternyata, makanan yang menjadi sumber vitamin B6 ini mudah ditemukan dan banyak jenisnya.

Berikut makanan yang mengandung vitamin B6 yang bisa Anda konsumsi.

  1. Telur

Jenis makanan ini tentu sering ditemukan sehari-harinya. Faktanya, telur mengandung vitamin B6 yang cukup tinggi, lho. Dengan konsumsi dua butir telur yang direbus maupun digoreng, sudah mampu memenuhi 10 persen rekomendasi asupan harian vitamin B6.

  • Salmon

Ikan salmon memang terkenal dengan kandungan asam lemak omega-3 yang baik bagi tubuh. Ternyata ikan salmon juga sebagai makanan sumber vitamin B6 terbanyak. Apalagi jenis ikan salmon yang liar. Dalam satu porsi ikan salmon saja sudah terkandung 0,6 mg vitamin B6. Jumlah ini sudah mampu memenuhi 35 persen dari rekomendasi asupan harian vitamin B6 bagi tubuh.

  • Kacang Polong

Kacang polong juga menjadi makanan sumber vitamin B6 terbanyak. Selain mengandung vitamin B6, kacang plong juga mengandung serat, vitamin A dan vitamin C yang juga penting bagi kesehatan.

Dalam 160 gram kacang polong, terkandung sekitar 0,3 mg vitamin B6. Angka ini memenuhi 17 persen rekomendasi asupan harian vitamin B6.

  • Ubi

Ubi merupakan sumber vitamin B6 yang baik. Selain itu juga kaya akan nutrisi lain seperti serat, vitamin A, dan juga magnesium. Satu ubi berukuran sedang bisa memnuhi 15 persen rekomendasi asupan harian vitamin B6 untuk tubuh.

  • Wortel

Wortel merupakan sayuran yang bermanfaat baik bagi kesehatan karena mengandung banyak nutrisi seperti serat, vitamin A, hingga vitamin B6. Satu wortel dengan ukuran sedang mengandung 0,2 mg vitamin B6 dan memenuhi 9 persen rekomendasi asupan harian.

  • Bayam

Sayuran yang satu ini memang dikenal kaya akan nutrisi baik untuk tubuh. Bayam mengandung vitamin A, vitamin C, dan ternyata juga mengandung vitam B6 yang dibutuhkan oleh tubuh. Dalam porsi setengah cangkir bayam yang sudah matang bisa memenuhi 5 persen rekomendasi asupan harian vitamin B6 untuk tubuh ini.

  • Pisang

Buah pisang juga menjadi makanan mengandung vitamin B6 dan nutrisi lain yang juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan mengkonsumsi satu buah pisang, Anda sudah memnuhi 20 persen dari rekomendasi harian vitamin B6 ini.

  • Alpukat

Buah alpukat memang terkenal kaya akan nutrisinya, termasuk kaya akan vitamin B6. Buktinya, sebuah alpukat saja sudah mampu mencukupi 30 persen kebutuhan harian vitamin B6. Selain itu buah alpukat juga kaya akan nutrisi lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *