Menyempurnakan Kecantikan dengan Manfaat Marula Oil

Anda mungkin tidak terlalu familiar dengan marula oil dibandingkan jenis minyak olahan lainnya yang bermanfaat untuk kecantikan. Padahal, minyak dari tanaman marula yang berasal dari Afrika ini tidak kalah memiliki segudang manfaat yang dapat menyempurnakan kecantikan Anda.

Marula oil mengandung beragam zat yang dapat mendukung kecantikan mulai dari wajah, rambut, sampai kuku. Kandungan-kandungan tersebut, di antaranya asam amino, asam lemak, juga antioksidan yang dikenal sebagai pemulih kerusakan sel-sel kulit mati. Minyak dari pohon marula juga kaya akan mineral seperti besi, magnesium, seng, fosfor, dan tembaga.

Dengan kandungan yang berlimpah tersebut, manfaat marula oil pun tidak perlu diragukan. Berikut adalah aneka manfaat dari jenis minyak nabati berwarna kuning dengan aroma kacang-kacangan yang kuat ini.

  1. Menjaga Kelembapan Kulit

Marula oil merupakan salah satu pelembap kulit terbaik, khususnya bagi Anda yang memiliki kulit kering. Ini karena minyak dari tanaman marila memiliki kadar asam oleat hingga 78 persen. Ditambah lagi miyak marula juga memiliki kandungan vitamin E juga asam lemak omega-3 dan omega-6. Kombinasi ini isa mengembalikan tingkat kelembapan kulit Anda sekaliguskan menambah kelembutan dan kecerahan bagi kulit.

  • Menangkal dan Memulihkan Selulit

Selulit atau stretch mark kerpa menjadi mimpi buruk bagi perempuan. Namun, kondisi ini kerap dialami khususnya pasca kehamilan. Marula oil dapat menjadi penangkal munculnya selulit karena mampu membuat kulit lebih elastis dan kenyal. Jenis minyak nabati yang satu ini juga tinggi antioksidan sehingga membantu memperbaiki kulit dan mendorong pertumbuhan sel baru untuk memudarkan selulit yang mengganggu.

  • Menangkal Jerawat

Jerawat pada kulit, khususnya pada wajah, tidak hanya disebabkan oleh bakteri. Ketidakseimbangan hormone juga memicu munculnya jerawat. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan marula oil secara rutin karena jenis minyak tropikal ini merupakan yang terbaik untuk menjaga keseimbangan pH tubuh sehingga mengurangi produksi minyak berlebih penyebab jerawat. Minyak marula juga memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi sehingga sangat cocok menyamarkan noda jerawat.

  • Menjadi Antipenuaan

Garis-garis halus dan keriput menjadi musuh kecantikan. Kandungan antioksidan tinggi pada marula oil dapat menjadi antipenuaan yang menghindarkan Anda dari tanda-tanda penuaan pada kulit dan rambut. Kemampuan minyak ini menjaga Anda tampak awet muda karena adanya kandungan vitamin C yang banyaknya sampai 4 kali lipat dibandingkna jeruk. Selain itu, marula oil juga mengandung vitamin E, asam oleat, serta omega-9 yang dikenal ampuh menangkal kekeringan, garis-garis, dan kerutan pada kulit. 

  • Membuat Rambut Lebih Sehat

Rambut adalah mahkota. Kurang lengkap rasanya apabila kecantikan kulit wajah Anda tidak didukung oleh kondisi rambut yang kering, rontok, bahkan bercabang. Untuk mendukung kesehatan rambut, Anda juga dapat memanfaatkan marula oil. Jenis minyak nabati yang satu ini mampu menyehatkan rambut dan kulit kepala karena tingginya kandungan vitamin E serta keseimbangan pH-nya.

  • Merawat Kuku

Walaupun kecil dan sering diabaikan, kuku yang terawatt dengan baik dapat meningkatkan kesempurnaan kecantikan Anda. Minyak marula yang memiliki sifat melembapkan dapat membantu memulihkan kondisi kuku yang rusak dan rapuh. Penggunana marula oil pada kuku juga bisa mengurangi timbulnya kulit pecah-pecah di sekitar kuku sehingga penampakan tangan Anda kian memesona.

***

Karena manfaatnya yang begitu banyak, penggunaan marula oil untuk produk kecantikan semakin populer. Kini, Anda bisa dengan mudah menemukan kandungan minyak marula pada berbagai produk pembersih dan perawatan wajah, sampo, conditioner, sampai kutek. Tertarik untuk mulai mencoba merasakan manfaat marula oil?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *