Mengenal Gangguan Autoimun Penyakit Graves

Mengenal Gangguan Autoimun Penyakit Graves

Penyakit Graves adalah sebuah gangguan autoimun yang menyebabkan kelenjar tiroid Anda menciptakan terlalu banyak hormon tiroid di tubuh. Kondisi ini juga dikenal dengan sebutan hipertiroidisme. Penyakit Graves merupakan salah satu bentuk hipertiroidisme yang paling umum dijumpai. 

Dalam penyakit Graves, sistem kekebalan tubuh Anda menciptakan antibodi yang dikenal sebagai imunoglobulin yang menstimulasi tiroid. Antibodi tersebut dapat menyebabkan tiroid Anda menciptakan terlalu banyak hormon tiroid. Hormon tiroid memengaruhi banyak aspek tubuh, seperti fungsi sistem saraf, perkembangan otak, suhu tubuh, dan elemen penting lainnya. Jika tidak diobati, hipertiroidisme dapat menyebabkan turunnya berat badan, ketidakmampuan emosional, depresi, dan kelelahan fisik serta mental. 

Gejala dan penyebab penyakit Graves

Penyakit Graves dan hipertiroidisme memiliki gejala yang sama, seperti tremor tangan, turunnya berat badan, detak jantung yang cepat (tachycardia), intoleransi terhadap panas, kelelahan, gugup, kelemahan otot, gondok (pembengkakan pada kelenjar tiroid), diare, dan sulit tidur. Persentase kecil penderita penyakit Graves akan menderita penebalan kulit dan kulit yang memerah di daerah tulang kering. Kondisi tersebut dikenal dengan sebutan dermopathy Graves. 

Gejala lain yang dapat Anda rasakan adalah sebuah kondisi yang bernama ophthalmopathy Graves. Kondisi ini terjadi ketika mata Anda terlihat membesar yang disebabkan karena kelopak mata yang mundur. Saat kondisi ini terjadi, mata akan mulai menonjol di rongga mata. Institut Diabetes dan Penyakit Pencernaan dan Ginjal Nasional memperkirakan ada sekitar 30 persen orang-orang yang menderita penyakit Graves akan menderita ophthalmopathy Graves yang bersifat ringan. Sementara itu, sekitar 5% akan menderita kasus ophthalmopathy Graves parah. 

Pada gangguan autoimun seperti penyakit Graves, sistem kekebalan tubuh mulai melawan jaringan dan sel yang sehat di dalam tubuh. Sistem kekebalan tubuh biasanya memproduksi protein yang dikenal dengan sebutan antibodi untuk melawan virus dan bakteri berbahaya. Dalam kasus penyakit Graves, sistem kekebalan tubuh Anda salah memproduksi antibodi yang disebut imunoglobulin yang menstimulasi tiroid yang menyerang sel tiroid sehat. Meskipun para ilmuwan tahu bahwa orang-orang dapat mewarisi kemampuan untuk membuat antibodi yang melawan sel sehat mereka sendiri, mereka tidak memiliki cara dalam menentukan apa yang menyebabkan penyakit Graves atau siapa yang akan menderita kondisi ini. 

Para ahli percaya bahwa faktor-faktor seperti keturunan, stres, usia, dan jenis kelamin dapat memengaruhi risiko Anda dalam menderita penyakit Graves. Penyakit ini biasanya ditemukan pada orang-orang yang berusia kurang dari 40 tahun. Risiko Anda juga meningkat dengan signifikan apabila salah satu anggota keluarga memiliki penyakit Graves. Sementara itu, wanita mengembangkan penyakit ini 7 hingga 8 kali lebih banyak dibandingkan dengan pria. Memiliki penyakit autoimun lain juga dapat meningkatkan risiko seseorang menderita penyakit Graves. Beberapa penyakit autoimun tersebut di antaranya adalah diabetes mellitus, rheumatoid arthritis, dan penyakit Crohn. 

Tiga pilihan perawatan tersedia untuk orang-orang yang menderita penyakit Graves, yaitu obat antitiroid, terapi iodine radioaktif, dan operasi tiroid. Obat antitiroid seperti propylthiouracil atau methimazole dapat diresepkan. Beta-blocker juga dapat digunakan untuk membantu mengurangi efek dari gejala hingga perawatan mulai bekerja. 

Sementara itu, terapi radioiodine akan meminta Ana untuk mengonsumsi pil radioactive iodine-131. Di sisi lain, meskipun operasi tiroid adalah salah satu pilihan perawatan, metode ini jarang digunakan. Dokter akan merekomendasikan operasi apabila perawatan sebelumnya tidak efektif, apabila dokter mencurigai adanya kanker tiroid, atau apabila Anda sedang hamil dan tidak mengonsumsi obat-obatan anti-tiroid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *