Manfaat Suplemen Jantung CoQ10 Bagi Kesehatan

Koenzim Q10 adalah zat kimia esensial yang diproduksi oleh tubuh secara alami. Defisiensi zat kimia ini dapat memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan jantung. Untungnya, suplemen jantung Q10 sudah banyak tersedia. CoQ10 merupakan sebuah antioksidan yang diproduksi tubuh dan disimpan di komponen sel yang disebut mitochondria, yang memiliki hubungan dengan energi, perlindungan sel, dan menyediakan manfaat kesehatan bagi jantung. CoQ10 memainkan peran yang sangat penting di tubuh, contohnya, sel tubuh membutuhkan senyawa ini untuk memproduksi energi sehingga tubuh dapat berfungsi.

Sebagai sebuah antioksidan, CoQ10 juga melindungi sel-sel di tubuh dengan cara menetralkan radikal bebas, yang mengurangi stres oksidatif di dalam tubuh. Stres oksidatif dapat menyebabkan kerusakan jaringan, peradangan, dan apoptosis sel atau kematian sel. Ada hubungan antara stres oksidatif dengan beberapa gangguan kesehatan, seperti penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson. Sayangnya, level CoQ10 akan menurun dengan bertambahnya usia. Dan para peneliti telah mengidentifikasi hubungan antara CoQ10 dengan penyakit jantung dan kanker. Belum ada bukti yang cukup yang mendukung klaim bahwa CoQ10 dapa mencegah atau merawat kanker dan penyakit Parkinson. Namun, suplemen jantung CoQ10 dapat membantu merawat kondisi kesehatan jantung tertentu dan mencegah migrain.

Manfaat kesehatan CoQ10

Suplemen jantung CoQ10 memiliki beberapa manfaat kesehatan, di antaranya adalah:

  • Meningkatkan kesehatan jantung

CoQ10 dapat membantu merawat kondisi penyakit jantung tertentu, seperti gagal jantung kongestif dan tekanan darah tinggi, terutama pada orang yang sudah tua. Penelitian tentang efektivitas CoQ10 untuk gangguan jantung telah memberikan hasil yang beragam. Akan tetapi, sebuah studi melaporkan bahwa CoQ10 merupakan faktor yang penting terhadap keselamatan orang tua dengan kondisi gagal jantung kronis. Penelitian lain menunjukkan bahwa CoQ10 dapat membantu mereka yang sedang pulih setelah mendapatkan operasi jantung.

  • Mengurangi migrain

Menurut Akademi Neurologi Amerika dan Lembaga Sakit Kepala Amerika, suplemen jantung CoQ10 dapat dengan efektif dalam mencegah migrain. Namun, penelitian untuk mendukung klaim ini masih sangat terbatas. Ada kemungkinan CoQ10 dapat memberikan efek ini mengingat CoQ10 dapat menjaga mitochondria di dalam sel tetap sehat.

  • Meringankan efek samping akibat penggunaan statin

Beberapa penelitian menyatakan bahwa CoQ10 dapat membantu mengatasi lemah otot karena mengonsumsi obat-obatan penurun kolesterol yang disebut statin. Akan tetapi, hasil dari penelitian lain menunjukkan bahwa perawatan menggunakan suplemen jantung CoQ10 tidak mengurangi rasa sakit pada otot pada orang-orang yang menggunakan statin untuk mengatur level kolesterol mereka.

Anda bisa mendapatkan CoQ10 dengan memakan beberapa jenis daging dan protein gandum. Namun kuantitas CoQ10 yang ada di makanan sangat sedikit sehingga tidak mampu meningkatkan level CoQ10 di dalam tubuh dengan signifikan. Beberapa jenis makanan yang mengandung CoQ10 di antaranya adalah jeroan (seperti ginjal dan hati), ayam, sapi, babi, ikan berlemak seperti ikan sarden, bayam, brokoli, dan gandum utuh. Suplemen jantung CoQ10 juga tersedia dalam bentuk IV dan kaspul atau tablet. Namun, sebelum menggunakan suplemen apapun, konsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu.

Suplemen jantung CoQ10 tampak aman dikonsumsi dan dapat ditoleransi oleh tubuh dengan baik. Beberapa efek samping ringan yang dapat muncul di antaranya adalah gangguan pencernaan, sakit kepala, insomnia, ruam, lelah, pusing, sensitivitas terhadap cahaya, dan mudah marah. Mengonsumsi statin dapat mengurangi jumlah CoQ10 di dalam darah seseorang. Sebagai tambahan, CoQ10 juga dapat mengurangi efektivitas obat-obatan pengencer darah, seperti warfarin, sehingga dapat meningkatkan risiko penggumpalan darah. CoQ10 juga dapat mengganggu efektivitas insulin dan obat-obatan chemotherapy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *