Manfaat Pepaya dan Daun Pepaya Jepang

Pepaya dan daun pepaya Jepang tumbuh di negara beriklim tropis. Buah pepaya memiliki rasa yang manis dan warna yang cerah, dan bersama dengan daun pepaya Jepang, merupakan sumber enzim papain yang bermanfaat bagi kesehatan. Dulu, kedua tanaman ini merupakan tanaman yang langka dan eksotik, namun sekarang dapat ditemui di seluruh dunia kapanpun Anda butuhkan. 

Potensi manfaat kesehatan dari mengonsumsi pepaya dan daun pepaya Jepang adalah menurunnya risiko penyakit jantung, diabetes, kanker, membantu pencernaan, meningkatkan kontrol gula darah pada orang yang menderita diabetes, menurunkan tekanan darah, dan mempercepat pemulihan luka. 

  • Degenerasi makula yang berhubungan dengan usia. Zeaxanthin, sebuah antioksidan yang ditemukan di dalam pepaya, dapat membantu menyaring cahaya biru yang berbahaya. Dipercaya bahwa zeaxanthin dapat memainkan peran dalam kesehatan mata, dan dapat mencegah terjadinya degenerasi makula. Akan tetapi, asupan yang lebih tinggi pada semua buah telah menunjukkan penurunan risiko dan perkembangan degenerasi makula yang berhubungan dengan usia. 
  • Pencegahan asma. Risiko perkembangan asma lebih rendah pada orang-orang yang mengonsumsi jumlah tinggi nutrisi tertentu. Salah satu dari nutrisi tersebut adalah beta-carotene, yang terkandung di sumber makanan seperti daun pepaya Jepang, pepaya, apricot, labu, dan wortel.
  • Kanker. Konsumsi beta-carotene antioksidan, yang ditemukan di pepaya, dapat mengurangi risiko kanker. Konsumsi antioksidan beta-carotene, yang bisa Anda temukan di pepaya, dapat mengurangi risiko kanker. Pada pria muda, diet  tinggi kandungan beta-carotene dapat memainkan peran pelindung dari kanker prostat. 
  • Pencernaan. Pepaya dan daun pepaya Jepang mengandung sebuah enzim yang dikena dengan nama papain yang dapat membantu pencernaan. Faktanya, papain sering digunakan untuk melunakkan daging. Pepaya dan daun pepaya Jepang juga tinggi kandungan serat dan air, keduanya dapat membantu mencegah konstipasi dan mendukung buang air besar lebih teratur serta membantu menjaga saluran pencernaan tetap sehat. 
  • Kesehatan tulang. Asupan vitamin K yang rendah telah dihubungkan dengan risiko lebih tinggi untuk menderita patah tulang. Konsumsi vitamin K yang cukup juga sangat penting untuk kesehatan yang baik, karena hal ini akan meningkatkan penyerapan kalsium dan dapat mengurangi pembuangan kalsium dalam urin. Hal ini berarti akan ada lebih banyak kalsium dalam tubuh Anda untuk memperkuat dan membangun kembali tulang. 
  • Diabetes. Studi telah menunjukkan bahwa orang-orang yang menderita diabetes tipe 1 yang mengonsumsi diet tinggi serat memiliki level glukosa darah yang lebih rendah, dan orang-orang dengan diabetes tipe 2 memiliki peningkatan level gula darah, lipid, dan insulin. Satu buah pepaya dapat menyediakan sekitar 3 gram serat, yang mana setara dengan 17 gram karbohidrat. 
  • Penyakit jantung. Serat yang ada pada buah pepaya dan daun pepaya Jepang, potassium, dan kandungan vitamin dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Peningkatan asupan potassium bersamaan dengan mengurangi konsumsi garam merupakan perubahan diet paling penting yang perlu seseorang lakukan untuk mengurangi risiko menderita penyakit kardiovaskular. 
  • Peradangan. Choline sangat penting dan zat gizi versatile yang ditemukan di buah pepaya yang dapat membantu tubuh tidur, gerakan otot, pembelajaran, dan daya ingat. Choline juga membantu menjaga struktur selaput seluler, menjaga transmisi impuls saraf, dan membantu penyerapan lemak serta mengurangi peradangan kronis. 

Anda bisa mendapatkan manfaat kesehatan di atas dengan rutin mengonsumsi buah pepaya dan daun pepaya Jepang. Selain mengonsusminya secara langsung, manfaat nutrisi penting dalam pepaya dan daun pepaya Jepang bisa Anda dapatkan dari suplemen. Kebutuhan nutrisi setiap orang berbeda. Anda bisa berkonsultasi dengan ahli nutrisi untuk mengetahui kebutuhan nutrisi yang tepat serta rencana diet guna memenuhi kebutuhan asupan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *