Manfaat Minum Air Putih untuk Tumbuh Kembang Anak

Manfaat minum air putih tidak hanya untuk orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Memastikan anak Anda minum cukup air putih sangat membantu mereka melakukan dan merasakan kebahagiaannya semasa tumbuh kembangnya. Air sangat penting untuk kesehatan organ dan otot anak. Air juga memainkan peran kunci dalam mendukung sistem kekebalan tubuh, membuang racun dan mengatur suhu tubuh. 

Bahkan dehidrasi ringan dapat mulai memengaruhi fungsi otak anak dan kemampuan mereka untuk fokus. Memasukkan air putih secara teratur setiap hari membuat anak terhidrasi dengan baik dan bermanfaat bagi kesehatan mereka dalam banyak hal. Berikut ini ini adalah beberapa manfaat minum air putih yang bisa dirasakan oleh anak.

1. Meningkatan energi

Air sangat penting untuk mengatur fungsi tubuh. Rata-rata, anak-anak usia 1 – 18 tahun berada di antara 56-60% air. Ketika anak-anak mengalami dehidrasi, mereka bisa mulai kehilangan tenaga dan merasa lelah. Air membantu memberikan energi dan mencegah dehidrasi. Air mendukung aliran darah yang sehat dan sangat penting dalam mengangkut oksigen ke otak. 

2. Mencegah dehidrasi

Tubuh terus-menerus kehilangan air melalui keringat, pencernaan dan pernafasan. Karena anak-anak selalu gemar bermain, penting untuk memastikan mereka mengisi kembali air dan tetap terhidrasi sepanjang hari. Bagaimana cara mengetahui apakah anak Anda mengalami dehidrasi? Salah satu cara untuk memantau hidrasi anak Anda dengan melacak seberapa sering mereka menggunakan kamar kecil dan warna urin mereka.

3. Membantu konsentrasi

Ketika anak mengalami dehidrasi 2%, kondisi ini dapat mulai memengaruhi kemampuan mereka untuk fokus dan fungsi kognitif. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa dehidrasi mempersulit otak untuk berkonsentrasi dan merusak memori jangka pendek kita. Air memainkan peran kunci dalam transmisi neuron listrik. Tanpa air, lebih sulit bagi otak untuk belajar dan berkonsentrasi. Memastikan anak Anda tetap terhidrasi dengan baik, membantu memberi mereka kekuatan otak untuk belajar dan mengembangkan keterampilan baru.

4. Membantu kesehatan pencernaan

Hidrasi yang sehat juga membantu menjaga anak-anak tetap teratur dengan mendukung pencernaan yang sehat. Dehidrasi dapat menyebabkan sembelit dan masalah pencernaan lainnya. Air diperlukan untuk membantu sistem pencernaan memecah makanan dan menyerap nutrisi. Tanpa air yang cukup, perut bisa menjadi terlalu asam – menyebabkan sakit perut dan ketidaknyamanan.

5. Mendukung sistem kekebalan tubuh

Kesehatan keluarga Anda selalu menjadi yang utama. Sistem kekebalan tubuh anak bergantung pada air untuk membantu tubuh mengeluarkan racun. Sistem limfatik membutuhkan air untuk membuat getah bening, cairan yang membantu sistem kekebalan menangkap dan menghancurkan bakteri (antigen) berbahaya di dalam tubuh. Air dan hidrasi yang tepat dapat membantu menjaga tubuh anak-anak tetap sehat dan kuat.

6. Mengatur suhu tubuh

Ketika tubuh menjadi terlalu panas, anak akan mulai berkeringat. Manfaat minum air putih untuk anak adalah membantu tubuh mengatur suhu tubuh. Sekitar dua pertiga air tubuh disimpan di dalam sel. Air ini membantu melindungi tubuh dari perubahan suhu yang tiba-tiba. Air memiliki tingkat penyerapan panas yang tinggi dan membantu melindungi tubuh kita dari perubahan suhu yang tiba-tiba. 

Mungkin Anda beruntung dan memiliki anak yang suka minum air. Namun jika Anda adalah orang tua yang kesulitan untuk mengajak anak Anda minum air putih, maka Anda tidak sendirian. Rasa air yang tawar menjadi alasan anak enggan minum air putih. Jadi apa yang Anda lakukan jika anak Anda tidak mau minum air? 

Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk membantu adalah menjadi panutan. Semakin banyak air yang Anda minum, semakin besar kemungkinan anak Anda juga akan meniru kebiasaan sehat yang sama, sehingga mereka bisa dengan maksimal mendapatkan manfaat minum air putih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *