Manfaat Diet Keto Selain Menurunkan Berat Badan yang Perlu Anda Tahu

Sudah familier kah Anda dengan diet keto? Diet ketogenik atau yang sering dikenal dengan diet keto adalah sebutan untuk pola diet rendah karbohidrat. Seseorang yang menerapkan pola diet keto diharuskan untuk memperbanyak asupan kalori, baik dari protein maupun lemak. Walaupun begitu, asupan karbohidrat tetap diperbolehkan, hanya saja porsinya perlu untuk dikurangi.

Pola diet ini cocok bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Tidak hanya itu, manfaat diet keto lainnya tidak kalah menarik dan berguna bagi kesehatan tubuh Anda. Selengkapnya mengenai manfaat diet keto, Anda dapat menyimak informasi berikut ini.

  • Mencegah timbulnya jerawat

Penampilan merupakan salah satu yang menjadi pusat perhatian seseorang. Beberapa orang merasa kurang percaya diri akan penampilannya jika terdapat jerawat pada wajah mereka. Penyebab munculnya jerawat sering dikaitkan dengan perubahan hormon tubuh.

Menerapkan diet keto yang memiliki fokus untuk mengurangi asupan karbohidrat, satuan gizi dari menu yang Anda santap dapat menurunkan kadar insulin dan membantu untuk mencegah timbulnya jerawat yang diakibatkan oleh perubahan hormon tertentu.

  • Mengurangi risiko penyakit diabetes

Bagi pasien penyakit diabetes tipe 2, diet keto akan sangat ideal untuk diterapkan, karena dapat membantu untuk menjaga kadar gula darah. Dengan begitu, lonjakan gula darah dapat teratasi dan mengurangi risiko timbulnya berbagai penyakit maupun kerusakan pada saraf. Selain itu, tubuh akan lebih aktif dalam membakar lemak untuk diubah menjadi energi yang kemudian akan menghasilkan zat keton.

Namun, bagi penderita diabetes 1, memiliki terlalu banyak zat keton dalam darah dapat membahayakan kesehatan. Maka dari itu, konsultasikan terlebih dulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk melakukan diet keto.

  • Menurunkan berat badan

Hasil dari menerapkan diet keto dapat terasa semenjak bulan ke-3 hingga bulan ke-6. Dalam kurun waktu tersebut, berat badan Anda akan secara signifikan menurun jika dibanding dengan program diet lainnya.

Hal ini disebabkan oleh aktivitas pembakaran kalori dalam tubuh yang mengubahnya menjadi energi. Diet yang menerapkan pola asupan tinggi protein atau lemak, dapat membuat Anda merasa kenyang lebih cepat, sehingga rasa lapar dapat dikurangi.

  • Mencegah risiko terkena penyakit jantung

Pola diet keto memperbolehkan untuk mengonsumsi lemak maupun protein daging. Kedua kandungan ini cukup rawan dalam memicu kolesterol dan penyakit jantung. Namun, dalam konteks pola diet keto, tubuh dapat mengontrol produksi kolesterol. Hal ini didukung oleh fakta, bawah kadar gula darah (insulin) yang dihasilkan dari menerapkan pola diet keto dapat terjaga dalam kadar yang cukup rendah. Dengan begitu, risiko terkena kolesterol dan penyakit jantung juga dapat berkurang.

  • Menjaga dari terjadinya gangguan pada sistem saraf

Diet keto memiliki manfaat yang signifikan bagi fungsi otak dan tulang belakang. Kedua bagian tubuh ini cukup vital, pasalnya terdapat banyak sel dan saraf yang saling terhubung. Asupan dari pola diet keto mampu untuk memecah lemak menjadi cadangan energi baru.

Sementara itu, selama proses pemecahan lemak tersebut, zat keton dalam tubuh akan melindungi sel-sel otak dari risiko kerusakan. Dengan begitu, penyakit yang berkaitan dengan daya ingat, seperti Alzheimer maupun Parkinson dapat dihindari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *