Manfaat Buah Salak, Buah Eksotis Khas Indonesia

salak

Bagi orang Indonesia, salak termasuk sebagai salah satu buah yang cukup mudah ditemukan. Ini karena buah tersebut memang berasal dari Indonesia dan merupakan buah eksotis yang tumbuh di negara dengan iklim tropis. 

Di negara-negara lain, buah ini termasuk sebagai buah yang cukup langka. Ketika mengonsumsi buah ini, Anda akan mendapatkan banyak sekali manfaat bagi kesehatan. 

Apa manfaat mengonsumsi buah salak? 

Sama seperti buah pada umumnya, salak juga diperkaya dengan berbagai macam nutrisi. Nutrisi yang ada di dalam buah ini bisa memberikan manfaat bagi kesehatan Anda, seperti: 

  • Menjaga kesehatan mata

Salah satu manfaat utama dari buah ini adalah kemampuannya untuk meningkatkan kesehatan mata. Kemampuan ini berasal dari kandungan antioksidan beta karoten di dalamnya. 

Senyawa beta karoten dipercaya mampu bekerja dengan efektif untuk mengatasi rabun jauh. Jadi, jika Anda menderita rabun jauh, mengonsumsi buah ini bisa membantu meningkatkan penglihatan Anda. 

  • Meningkatkan kemampuan untuk mengingat

Anda sering mengalami masalah dalam mengingat sesuatu? Hal ini bisa diatasi dengan mencoba mengonsumsi buah salak. Karena, mineral di dalam buah ini terbukti mampu bekerja untuk meningkatkan kemampuan memori pada otak. 

Salah satu mineral yang berkontribusi memberikan manfaat ini adalah potasium. Potasium pada buah ini mampu meningkatkan aliran darah ke otak, sehingga kinerja otak pun menjadi lebih optimal. 

  • Menurunkan diabetes

Diabetes adalah penyakit kronis yang dialami akibat kadar gula darah yang tinggi. Penelitian telah membuktikan bahwa buah ini aman dikonsumsi bagi penderita diabetes. Bahkan, kandungan di dalam buah bisa bekerja dengan baik untuk menstabilkan lonjakan kadar gula darah. 

Ada kandungan polifenol di dalam buah ini. Kandungan tersebut berkaitan erat dengan pengobatan diabetes. Menurut penelitian, polifenol mampu menurunkan kadar glukosa dalam darah dengan efektif. 

  • Menurunkan berat badan

Ketika sedang menjalani program diet, Anda perlu bijak memilih buah untuk dikonsumsi. Karena, beberapa jenis buah mengandung kalori yang tinggi. Tapi tidak demikian dengan buah salak. 

Bukan hanya kaya akan antoksidan, buah ini juga mengandung serat yang tinggi. Serat adalah kandungan yang sangat berkontribusi dalam menurunkan berat badan, karena mampu memperlancar pencernaan serta mencegah Anda merasa lapar terlalu cepat. 

  • Menjaga kesehatan jantung

Seiring bertambahnya usia, Anda semakin rentan terhadap kerusakan jantung. Penyakit jantung dipercaya menjadi salah satu penyakit kronis utama yang paling banyak menyebabkan kematian di seluruh dunia. 

Untuk itu, Anda perlu memastikan untuk bisa menjaga kesehatan jantung dengan baik. Salah satu caranya bisa dengan mengonsumsi buah salak. Kandungan potasium di dalam buah ini bisa memperlancar kinerja jantung, sehingga jantung Anda pun tetap sehat. 

  • Mengatasi diare dan sembelit

Diare dan sembelit merupakan penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan Anda. Masalah pada sistem pencernaan bisa terjadi karena berbagai faktor. Salah satu cara efektif untuk mengatasinya adalah asumsi serat yang memadai.

Untungnya, buah salak kaya akan serat. Dengan mengonsumsi buah tersebut, Anda bisa mendapatkan asupan serat serta vitamin lainnya yang baik untuk menangkan iritasi pada sistem pencernaan dan bisa sembuh dari diare serta sembeli dengan lebih cepat. 

Itulah berbagai macam manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi buah salak. Sebagai buah yang khas di Indonesia, Anda bisa mendapatkan buah ini dengan mudah dan dengan harga yang cukup terjangkau. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *