Selain Manfaat Buah Kersen, Perhatikan Juga Efek Sampingnya!

Selain Manfaat Buah Kersen, Perhatikan Juga Efek Sampingnya!

Kersen, baik buah maupun daunnya, mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh sehingga tidak boleh dianggap remeh. 

Manfaat buah kersen dan efek sampingnya

Manfaat buah kersen antara lain, dapat mengatasi flu, kencing manis, darah tinggi, menurunkan asam urat, dan bahkan mengatasi jerawat.

Itu semua karena kersen mengandung nutrisi berupa vitamin dan mineral yang sangat penting termasuk juga zat antioksidan dan antiperadangan.

Meski begitu, kersen kenyataannya tidak bisa lepas juga dari efek samping. Saudara terdekat ceri ini bisa menghasilkan sejumlah efek samping yang perlu Anda ketahui. Apa saja itu? Simak di bawah ini!

Sakit perut dan diare

Selain dapat dimakan langsung, kersen juga dapat dijadikan sebagai rebusan yang airnya berguna untuk mengatasi kram perut terutama pada ibu hamil.

Namun penggunaan air rebusan buah ini sangat tidak dianjurkan bagi anak-anak sebab sangat berisiko bagi mereka untuk terkena sakit perut hingga diare. Penyebab terjadinya hal ini adalah asam lambung yang meningkat ketika berinteraksi dengan cairan.

Mual dan muntah

Buah kersen juga dapat memberikan efek samping berupa rasa mual dan muntah jika dikonsumsi secara tidak wajar atau tidak diolah dengan baik.

Akibatnya, hal tersebut membuat buah mempunyai interaksi yang tidak bagus dengan lambung sehingga asam lambung meningkat. Bagi Anda yang memiliki masalah sensitif pada lambung disarankan tidak memakan buah ini.

Alergi pada kulit

Alergi menandakan bahwa sesuatu yang dimakan tidak cocok dengan kondisi tubuh tersebut yang berakibat penolakan dari tubuh sendiri.

Alergi itu sendiri berupa bersin atau ruam dan bercak pada kulit, gatal, dan iritasi sehingga bagi Anda yang memiliki alergi diharapkan juga tidak mengonsumsi buah.

Berbahaya bagi wanita hamil

Apabila Anda sedang hamil, dan mengalami masalah gangguan karena perut kram, dan ingin mengatasinya dengan daun kersen, sebaiknya jangan di awal kehamilan.

Ini karena kersen malah dapat mengganggu janin terutama jika janin masih berusia 3 bulan atau 18 minggu. Solusinya, Anda harus cari obat lain, baik medis atau tradisional dengan efek samping minimal atau tidak sama sekali.

Gangguan pada organ ginjal

Kersen juga memiliki efek samping yang sebenarnya tidak baik bagi organ tubuh termasuk ginjal. Ini karena daun buah itu sendiri yang memiliki zat yang dapat mengiritasi serta melukai ginjal.

Gangguan pada organ hati

Buah kersen hendaknya jangan diminum oleh orang yang memiliki gangguan hati sebab bisa menyebabkan kerusakan, dan bukan manfaat yang didapat.

Gangguan reproduksi

Bagi Anda yang sedang ingin menginginkan momongan setelah menikah, Anda sebaiknya menghindari kersen terlebih dahulu, baik buah maupun daunnya. Kenapa?

Karena ternyata kersen dapat menimbulkan gangguan pada reproduksi yang disebabkan adanya kadar mineral baron di dalamnya.

Itulah beberapa efek samping yang bisa ditimbulkan dari mengonsumsi buah kersen. Untuk menghindarinya diusahakan konsumsi dalam batas kewajaran serta konsultasi terlebih dahulu jika Anda menginginkan kersen sebagai obat herbal.

Cara Mengonsumsi

Untuk konsumsi, Anda bisa mengonsumsinya langsung atau diolah menjadi hidangan manis seperti jus, sirup, dan selai.

Untuk hidangan manis ini Anda juga tidak perlu menambahkan gula buatan sebab kersen sendiri sudah sangat manis. Menambahkan gula buatan malah akan mendatangkan penyakit seperti diabetes.

Sebelum mengonsumsi, cucilah buah terlebih dahulu supaya buah dapat bebas dari kuman dan bakteri yang menempel.

Pilihlah buah kersen yang warnanya merah merata, tidak ada bercak putih pada permukaan, dan terasa halus serta hindari buah yang punya noda atau lubang hitam sehingga manfaat yang dikandung tidak sia-sia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *