Apa Saja Makanan untuk Rambut Rontok?

Apa Saja Makanan untuk Rambut Rontok?

Rambut rontok bisa menjadi masalah yang sangat menyebalkan. Pasalnya, rambut rontok tidak hanya sangat mengganggu, tetapi juga dapat mengakibatkan penipisan rambut atau kebotakan. Untuk mengatasi masalah rambut rontok, Anda bisa merawatnya dari luar atau dari dalam dengan mengonsumsi makanan untuk rambut rontok.

Sebenarnya, sangat wajar jika rambut akan rontok sekitar 50 sampai 100 helai per harinya. Sebab, rambut akan tumbuh setiap harinya dan akan bertahan selama 2-6 tahun. Namun, ada kalanya seseorang mengalami kerontokan yang tidak normal dan sangat banyak.

Makanan sehat untuk rambut yang lebih kuat

Penyebab rambut rontok bisa beragam, salah satunya adalah gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat. Maka dari itu, selain menggunakan produk perawatan rambut rontok, mengatasi kerontokan rambut juga bisa dengan meningkatkan asupan nutrisi dari makanan untuk rambut rontok.

Lalu, apa saja makanan untuk rambut rontok? Dan, manfaat apa saja dari mengonsumsi makanan tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

1. Sayuran hijau

Anda bisa mendapatkan asupan nutrisi dari makanan untuk rambut rontok seperti sayuran hijau. Bayam, bokchoi, seledri, atau brokoli merupakan sayuran hijau yang kaya akan zat besi. Jika mengonsumsi sayuran hijau secara rutin ke menu diet, Anda dapat merasakan manfaat rambut yang lebih sehat dan bebas rontok.

Zat besi tidak hanya bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah dan merangsang pertumbuhan rambut sehat. Zat besi juga berguna untuk menyuburkan dan memperkuat rambut. Selain itu, rambut rontok merupakan salah satu gejala anemia yang dihubungkan dengan kekurangan zat besi.

Kekurangan zat besi juga mengakibatkan turunnya kadar ferintin sehingga membuat rambut rentan mengalami kerontokan. Feritin merupakan protein yang menunjukkan jumlah total cadangan zat besi dalam tubuh. 

2. Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, herring, dan mackerel dapat menjadi sumber makanan untuk rambut rontok. Sebab, ikan berlemak memiliki nutrisi yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut karena memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang sangat baik.

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh National Institutes of Health dan melibatkan 120 wanita menemukan bahwa mengonsumsi suplemen asam lemak omega 3 dan omega 6 serta antioksidan dapat mengurangi kerontokan rambut dan meningkatkan kepadatan rambut.

Studi lainnya juga menemukan bahwa mengonsumsi suplemen minyak ikan secara signifikan dapat mengurangi kerontokan rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut pada perempuan dengan rambut yang menipis.

Meski demikian, perlu dicatat bahwa penelitian mengenai asam lemak omega 3 dan pertumbuhan rambut perlu dikaji lebih lanjut. 

Sementara itu, ikan berlemak juga merupakan sumber protein, selenium, vitamin D3, dan vitamin B. Kandungan-kandungan tersebut merupakan nutrisi yang dapat membantu mempromosikan rambut kuat dan sehat.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan tidak hanya enak, tetapi juga bisa menjadi makanan untuk rambut rontok. Sebab, kacang mengandung berbagai nutrisi yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Satu ons almond atau sekitar 28 gram bahkan dapat menyediakan 37% kebutuhan vitamin E harian.

Terlebih lagi, mereka juga memiliki kandungan berbagai macam vitamin B, zinc, dan asam lemak esensial. Kekurangan salah satu nutrisi ini telah dikaitkan dengan kerontokan rambut. Kacang juga telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan lainnya selain pertumbuhan rambut, termasuk mengurangi peradangan dan risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

Itulah beberapa makanan untuk rambut rontok yang gampang ditemui. Anda bisa menambahkan bahan-bahan ini pada menu diet Anda. Selain ketiga makanan di atas, terdapat makanan untuk rambut rontok lainnya, seperti biji-bijian, ubi, paprika, tiram, dan banyak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *