Khasiat Buah Gandaria untuk Ibu Hamil

Buah gandaria juga dikenal sebagai mangga plum

Buah gandaria merupakan buah tropis asli Indonesia yang tersebar di daerah Sumatra, Jawa, Kalimantan, bahkan hingga Ambon. Namun, keberadaannya masih jarang dijumpai. Jika dilihat dari segi fisik, buah gandaria memiliki bentuk yang menyerupai mangga. Buah gandaria juga memiliki rasa asam dan manis yang membuatnya sangat cocok untuk dijadikan bahan campuran es buah, ataupun dimakan secara langsung. 

Buah gandaria mengandung kaya akan kandungan nutrisi seperti vitamin C, protein, karbohidrat, serat, beta karoten, zat besi, kalium, dan masih banyak lagi. Menurut sebuah penelitian kandungan antioksidan pada buah gandaria mampu menangkal efek radikal bebas bagi kesehatan. Tak hanya itu saja, kandungan vitamin dan mineral alami pada buah gandaria dipercaya memiliki manfaat yang baik untuk ibu hamil, loh. Berikut beberapa khasiat buah gandaria untuk ibu hamil:

Memenuhi kebutuhan zat besi 

Asupan zat besi sangat dibutuhkan ibu hamil selama masa kehamilan. Kebutuhan zat besi ini harus terpenuhi guna memasok oksigen dalam ke seluruh tubuh terutama pada janin. Mengkonsumsi buah gandaria dapat membantu Anda dalam mencukupi kebutuhan zat besi selama masa kehamilan. 

Pasalnya zat besi memiliki peranan penting dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin. Kekurangan zat besi ketika hamil dapat menyebabkan anemia yang mengakibatkan bayi lahir prematur atau cacat.  

Menurunkan tekanan darah

Selain kaya akan nutrisi, buah gandari juga mengandung banyak air yang bagus untuk memeperlancar peredaran darah. Buah- buahan yang mengandung banyak air dipercaya dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Ini dikarenakan buah yang memiliki kandungan air lebih banyak mampu membuat aliran darah dalam tubuh menjadi lebih lancar. 

Untuk menjaga tekanan darah tetap normal, mengkonsumsi buah gandaria bisa menjadi pilihan. Pasalnya jika tekanan darah tinggi atau tekanan darah rendah dapat meningkatkan resiko terhadap kesehatan ibu dan janin. 

Meningkatkan kekebalan tubuh

Selama masa kehamilan, meningkatkan sistem imunitas tubuh sangat penting agar tidak mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, ibu hamil membutuh asupan vitamin guna menjaga sistem imunnya. Buah gandaria merupakan buah yang kaya akan vitamin C. Kandungan vitamin C pada buah gandaria ini sangat dibutuhkan ibu hamil dan janin yang ada di dalam kandungannya. Buah gandaria memiliki peranan penting dalam menjaga daya tahan tubuh. 

Selain itu, Ibu hamil juga membutuhkan vitamin C sebagai antioksidan untuk membantu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Penumpukan radikal bebas dapat menyebabkan ibu hamil rentan terkena penyakit. Konsumsi buah gandaria secara rutin dapat membantu ibu hamil dalam memenuhi asupan vitamin C. 

Membantu melancarkan pencernaan

Sebagian besar wanita mengalami gangguan pencernaan saat hamil. Kondisi ini biasanya disebakan oleh meningkatnya kadar hormone dalam tubuh. Karena pada saat hamil, wanita cenderung akan mengalami banyak perubahan- perubahan dalam tubuhnya termasuk sistem pencernaan. Gangguan sistem pencernaan yang sering dialami ibu hamil yaitu sembelit. 

Sembelit merupakan masalah umum yang banyak dialami oleh ibu hamil. Sembelit pada ibu hamil disebabkan oleh adanya perubahan hormon serta peningkatan penyerapan nutrisi di dalam usus. Mengkonsumsi buah berserat seperti buah gandaria dapat membantu pencernaan ibu hamil lebih lancar. Selain itu kandungan air yang cukup tinggi pada buah gandaria juga mampu melunakan feses yang keras sehingga mudah dikeluarkan. 

Untuk mendapatkan khasiatnya, konsumsi buah gandaria secara rutin dan dalam jumlah yang wajar agar tidak menimbulkan efek samping. Karena pada sebagian orang, buah gandaria dapat menimbulkan reaksi alergi seperti kepala pusing dan mual. Apabila ibu hamil megalami hal itu, segera konsultasikan ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *