Kenali Cara Mengatasi Pilek Pada Bayi

cara mengatasi pilek pada bayi

Ketika bayi jatuh sakit, sebagai orang tua Anda tentu akan khawatir. Apalagi jika bayi mengalami pilek. Tapi, sebenarnya Anda tidak perlu khawatir, karena ada cara mengatasi pilek pada bayi dengan mudah dan efektif.

Mengobati pilek pada bayi memang harus dilakukan dengan hati-hati. Karena, tidak seperti anak-anak dan orang dewasa, bayi masih rentan terhadap berbagai efek samping negatif dari berbagai macam metode pengobatan. 

Mengetahui penyebab pilek pada bayi

Sebelum mencari cara mengatasi pilek pada bayi, Anda perlu terlebih dahulu mengetahui penyebab bayi Anda mengalami pilek. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kondisi ini, seperti:

  • Menyentuh permukaan benda yang terkontaminasi virus pilek
  • Melakukan kontak langsung dengan orang lain yang menderita pilek
  • Penderita pilek batuk atau bersin di depan bayi
  • Penderita pilek mencium bayi Anda

Pada dasarnya, pilek terjadi akibat infeksi bakteri atau virus. Bakteri dan virus ini bisa ada dimana saja, di lingkungan Anda dan juga bayi Anda. 

Selain hal-hal yang telah disebutkan diatas, pilek pada bayi juga bisa terjadi karena penyakit lain. Penyakit itu seperti pneumonia, infeksi telinga, dan sakit tenggorokan. 

Cara mengatasi pilek pada bayi

Untuk mengetahui penyebab pilek, Anda bisa membawa bayi Anda untuk menjalankan pemeriksaan ke dokter. Dokter bisa membantu menentukan faktor penyebab, serta cara mengatasi pilek pada bayi yang paling tepat sesuai penyebab tersebut.

Anda bisa memberikan upaya perawatan di rumah untuk bayi yang menderita pilek. Perawatan di rumah meliputi: 

  • Melembabkan udara menggunakan humidifier. Konsultasikan dulu pada dokter mengenai jenis humidifier yang aman bagi bayi.
  • Menggunakan larutan garam atau atau saline drops dan suction bulb untuk menghisap lendir pilek keluar dari hidung bayi.
  • Meningkatkan asupan cairan pada bayi, bisa melalui ASI, air mineral, maupun susu formula. Tapi, air mineral sebaiknya hanya diberikan pada bayi di atas usia 6 bulan.
  • Memandikan bayi dengan air hangat. Jangan meninggalkan bayi ketika sedang mandi.

Langkah-langkah diatas adalah langkah perawatan di rumah sebagai cara mengatasi pilek pada bayi. 

Cara mengatasi pilek pada bayi dengan obat

Meskipun Anda bisa melakukan perawatan di rumah untuk meredakan pilek, terkadang dokter tetap menganjurkan bayi Anda untuk mengonsumsi obat pilek yang aman. Obat yang paling umum untuk mengobati pilek adalah obat.

Contoh obat yang aman untuk bayi Anda adalah ibuprofen dan acetaminophen. Kedua obat ini bisa meringankan gejala demam dan sakit tenggorokan. Tapi, ingatlah untuk selalu mengkonsultasikan hal ini terlebih dahulu pada dokter Anda. 

Karena, umumnya pemberian obat  tidak dianjurkan untuk bayi di bawah usia enam bulan. 

Anda bisa mendapatkan obat pilek serta saline drop bagi bayi Anda dengan membelinya secara bebas di apotek. Meskipun tidak memerlukan resep dokter, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Anda tidak perlu cemas bila bayi mengalami pilek. Seiring berjalannya waktu, pilek akan sembuh dan mereda dengan sendirinya. Hal ini berlaku juga untuk orang dewasa dan anak-anak yang lebih besar. 

Jadi, jika bayi mengalami pilek, lakukanlah upaya perawatan di rumah sebagai pertolongan pertama. Cara mengatasi pilek pada bayi di rumah bisa membantu penyembuhan yang lebih cepat dan efektif, khususnya saat dilakukan bersamaan dengan konsumsi obat dari apotek. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *