Jarang Diketahui, Berikut Deretan Manfaat Zinc untuk Otak

manfaat zinc

Zinc (seng) merupakan mineral terpenting karena perannya terhadap fungsi tubuh secara keseluruhan. Beragam manfaat zinc bisa dirasakan mulai dari mengatasi jerawat hingga penyembuhan luka.

Salah satu manfaat zinc yang tak boleh dilewatkan adalah manfaat nootropiknya. Nootropik adalah sebutan bagi obat atau suplemen yang berfungsi meningkatkan kesehatan dan fungsi kognitif. Sayangnya masih banyak orang yang belum menyadari manfaat ini.

Mekanisme zinc terhadap kesehatan

300 enzim dalam tubuh bergantung pada zinc agar dapat berfungsi normal. Perannya yang sangat vital ini berasal dari cara kerja zinc itu sendiri, yang berupa:

  • Transmisi saraf

Zinc mendukung aktivitas protein sebagai reseptor dan enzim yang terlibat dalam pengaturan makromolekul, pensinyalan, transkripsi gen, dan proses transportasi yang terjadi antara otak dengan seluruh tubuh.

  • Neuroprotektan

Zinc terlibat dalam perbaikan DNA, menjaga stabilitas genom, sintesis protein, menurunkan peradangan berlebih, serta melindungi saraf dari paparan radikal bebas dan stres oksidatif.

Manfaat zinc untuk kesehatan dan fungsi otak

Efek anti-inflamasi dan pelindung saraf (neuroprotektan) sangat dibutuhkan untuk mengoptimalkan kesehatan otak dan fungsi kognitif. Berikut adalah deretan manfaat zinc sebagai nootropik:

  • Mengatasi kecemasan dan depresi

Zinc (seng) berfungsi meningkatkan hormon serotonin dan protein BDNF. Hal ini yang menjadikan zinc berperan sebagai peningkat mood dan antidepresan.

Kondisi stres membuat tubuh membuang zinc melalui keringa, air liur, dan urin. Maka dari itu zinc yang rendah menjadi penanda depresi. Semakin depresi seseorang, makan semakin rendah kadar seng yang ditemukan dalam tubuh.

Beberapa penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi suplemen zinc yang dikombinasikan dengan SSRI dapat meningkatkan efektivitas zinc dalam melawan depresi.

Namun penelitian lain menunjukkan bahwa manfaat zinc terhadap perbaikan mood tidak akan berguna jika dikonsumsi oleh mereka yang tidak mengalami depresi.

  • Meningkatkan memori

Sebagai neuroprotektan, zinc dapat mencegah penurunan kognitif akibat radikal bebas. Defisiensi zinc dapat mengganggu pensinyalan yang terlibat dalam pembentukan dan penyimpanan memori jangka panjang.

Mengonsumsi zinc menghasilkan peningkatan memori visual dan kerja baik pada anak-anak maupun lansia. Dalam sebuah penelitian pada remaja, suplementasi zinc dapat meningkatkan kinerja kognitif, merespon tugas memori dengan cepat dan akurat, dan meningkatkan perhatian selamam proses pembelajaran.

  • Meredakan gejala ADHD

Penderita ADHD memiliki kadar asam lemak bebas dan kadar seng yang rendah, namun belum dapat dipastikan bahwa defisiensi zinc merupakan penyebab utama gangguan ini.

Zinc terlibat dalam memproduksi melatonin dan membantu mengatur fungsi dopamin. Pemberian suplemen zinc secara rutin terbukti dapat mengurangi perilaku hiperaktif, impulsif, dan gangguan sosialisasi pada anak ADHD.

  • Mencegah autisme

Sebuah studi yang diterbitkan di Biomarker Insights pada tahun 2011 membuktikan bahwa pemberian suplemen zinc disertai dengan vitamin B6 mampu mengurangi keparahan gejala autisme seperti bahasa reseptif, fokus dan perhatian, hiperaktif, kontak mata, sensitivitas suara, sensitivitas taktil, dan kejang.

Makanan yang kaya akan zinc

Sumber utama zinc adalah tiram. Di urutan berikutnya, zinc juga banyak terkandung pada:

  • Makanan laut
  • Daging merah
  • Daging ayam
  • Kacang-kacangan
  • Produk susu

Anak-anak berisiko kekurangan zinc karena pola makan yang buruk. Peserta diet vegetarian juga cenderung berisiko. Walaupun zin dapat ditemukan pada sayur mayur, kandungan fitat yang terdapat di dalamnya mencegah tubuh untuk menyerap zinc pada sayur.

Karena manfaat zinc sangat penting bagi tubuh, siapapun yang berisiko kekurangan, terutama peserta diet vegan disarankan mengonsumsi suplemen zinc. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui dosis dan cara pakai yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *