Inilah Berbagai Jenis Kopi Nusantara yang Wajib Dicoba

Inilah Berbagai Jenis Kopi Nusantara yang Wajib Dicoba

Kopi mengandung kafein yang memberikan manfaat bagi tubuh yaitu meningkatkan energi. Saat mengonsumsi kafein maka suasana hati, fungsi otak, serta kewaspadaan akan turut meningkat. Selain kafein, terdapat pula kandungan lain pada kopi seperti magnesium, senyawa antioksidan, kalium, vitamin B3 atau niacin, dan vitamin B2 atau riboflavin. Uniknya, masing-masing jenis kopi memiliki berbagai cita rasa yang berbeda. Anda dapat memilih jenis kopi sesuai dengan selera Anda.

Jenis kopi nusantara yang populer dan mendunia

Indonesia merupakan negara yang menghasilkan cukup banyak jenis kopi. Petani kopi tersebar dari Sabang hingga Merauke. Di antara berbagai jenis kopi tersebut, beberapa telah terkenal bahkan hingga ke seluruh penjuru dunia. Berikut ini beberapa jenis kopi nusantara yang wajib Anda coba. 

  1. Kopi Arabika Gayo 

Membicarakan kopi nusantara tentu akan selalu teringat kopi arabika Gayo yang berasal dari Sumatera khususnya Aceh. Jenis kopi ini sangat populer baik di Indonesia maupun luar negeri. Tekstur kopi arabika Gayo cenderung encer atau tidak terlalu pekat. Sedangkan tingkat keasamannya seimbang sehingga mudah diterima banyak orang.   

  1. Kopi Arabika Toraja

Kopi arabika Toraja adalah jenis kopi yang tumbuh di dataran Sulawesi. Kopi ini telah diekspor ke luar negeri terutama Jepang dan Amerika. Bagi sebagian orang, aftertaste pahit dari kopi sangat mengganggu. Untuk itu, Anda dapat mencoba kopi arabika Toraja yang tidak menimbulkan after taste pahit saat diminum. 

  1. Kopi Liberika Rangsang Meranti

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Nasional RI menyatakan bahwa salah satu hasil pertanian terbaik adalah kopi liberika Rangsang Meranti. Kopi ini ditanam dan dibudidayakan di Riau. Jenis kopi ini diekspor besar-besaran ke luar negeri terutama Singapura dan Malaysia. Kopi liberika Rangsang Meranti memang sangat populer di Singapura dan Malaysia. 

  1. Kopi Robusta Temanggung

Jenis kopi robusta Temanggung memiliki cita rasa yang sangat khas. Rasa pahit pekat mendominasi serta adanya aroma tembakau membuat kopi robusta Temanggung banyak diminati. Kopi ini bahkan telah diekspor hingga ke berbagai negara Eropa, Timur Tengah, serta Amerika Latin. Anda tentu wajib mencoba kopi robusta Temanggung ini. 

  1. Kopi Arabika Flores Bajawa

Jenis kopi yang perlu Anda coba lainnya adalah arabika Flores Bajawa. Kopi ini memiliki tingkat keasaman yang rendah namun kekentalannya cukup kuat. Dari segi rasa, jenis kopi arabika Flores Bajawa sedikit berbeda jika dibandingkan kebanyakan kopi Indonesia lainnya. Kopi ini memiliki rasa dominan cokelat dan vanili. Sebagian besar ekspor kopi arabika Flores Bajawa adalah Amerika. 

  1. Kopi Java Ijen Raung

Bagi pecinta kopi tentu wajib mencoba jenis kopi Java Ijen Raung. Terdapat ciri khas unik dari kopi ini, yaitu rasa yang sedikit pedas serta aroma bunga hutan. Kopi Java Ijen Raung ini merupakan khas Bondowoso dan masih baru mulai populer di kancah dunia dibandingkan dengan jenis kopi lain. Tingkat keasaman dari kopi Java Ijen Raung ini sedang. Uniknya, rasa asam pada kopi ini lebih cenderung seperti asam jawa daripada citrus.

Manfaat minum kopi 

Minum kopi yang dianjurkan dilakukan pada pagi hari. Meski demikian Anda dapat menikmati kopi kapanpun asal tidak berdekatan dengan waktu tidur. Hal tersebut dikarenakan kandungan kafein dalam kopi dapat membuat Anda terjaga sepanjang malam dan sulit tidur. Kopi memberikan berbagai manfaat untuk tubuh jika dikonsumsi dengan benar. Beberapa manfaat kopi tersebut di antaranya yaitu: 

  • Menambah energi 
  • Membantu melawan depresi
  • Meningkatkan fungsi otak
  • Mencegah alzheimer dan parkinson
  • Menurunkan risiko kanker hati dan kolorektal
  • Membakar lemak
  • Menurunkan risiko diabetes tipe 2

Anda juga dapat menikmati hasil olahan berbagai jenis kopi dengan mudah dengan membelinya secara online melalui toko SehatQ. Kini aplikasi kesehatan keluarga SehatQ bukan hanya bisa digunakan berkonsultasi gratis dengan dokter saja, namun juga menjual berbagai bahan makanan dan minuman menyehatkan. Anda bisa temukan berbagai jenis kopi di toko SehatQ. Unduh aplikasi SehatQ sekarang juga di App Store atau Google Play.   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *