Cara Mengatasi Kurap dengan Bahan Alami

Timbulnya kurap memang membuat kulit terasa gatal dan membuat Anda tidak percaya diri. Kurap sangat mengganggu apalagi jika kurap tersebut membandel. Selain salep kurap, ada cara alami yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan kurap. Obat kurap alami, umumnya lebih aman untuk Anda yang kulitnya cenderung sensitif.

Cara mengatasi kurang dengan bahan alami

  • Sabun dan air

Menjaga area yang kurap tetap bersih adalah keharusan untuk mempercepat proses penyembuhan kurap. Sebelum menggunakan bahan alami akan yang akan dibahas nanti atau sebelum menggunakan salep kurap, Anda wajib membersihkan area kurap dengan sabun anti bakteri. Setelah dibersihkan, pastikan area tersebut kering. Pasalnya, kondisi kulit yang lembap akan mempermudah kurap menyebar.

  • Cuka apel

Cuka apel atau apple cider vinegar dapat dengan mudah Anda temukan di supermarket. Cuka apel memiliki manfaat sebagai anti-jamur sehingga dapat membantu mengatasi kurap. Anda dapat menuangkan cuka apel ke kapas dan langsung mengaplikasikannya pada area yang berkurap 3 kali sehari.

  • Bawang putih

Bawang putih juga sering dipakai untuk mengatasi berbagai macam infeksi di kulit. Meskipun belum terbukti dalam penelitian, namun beberapa orang yang sudah mencobanya telah membuktikan manfaat terdapat kurap. Caranya, haluskan bawang putih dan campurkan dengan minyak kelapa atau minyak zaitun. Oleskan tipis-tips campuran ini pada area kurap dan tutup dengan kain kasa. Anda dapat melakukan ini 2 kali sehari sampai kurap sembuh.

  • Gel lidah buaya

Lidah buaya bermanfaat melawan infeksi bakteri maupun jamur. Selain mengatasi kurap, gel lidah buaya juga dapat membantu meredakan iritasi di kulit karena sifatnya yang dingin. Anda dapat mengaplikasikan gel lidah buaya langsung pada area kurap 3 kali dalam sehari.

  • Berbagai macam kurap

Minyak yang dapat Anda coba untuk mengatasi kurap adalah minyak kelapa, minyak serai, minyak oregano, dan tea tree oil. Minyak kelapa dan minyak serai dapat Anda langsung aplikasikan dengan kapas ke karena kurap tanpa campuran lain. Sebaliknya, tea tree oil dan minyak oregano harus diencerkan terlebih dahulu dengan larutan lain agar tidak mengiritasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *