Cara Mengatasi dan Mencegah Charcot Joint

Charcot joint atau neuropathic joint atau charcot arthropathy adalah komplikasi serius namun jarang terjadi pada orang-orang yang mengalami kondisi neuropati perifer.

Neuropati perifer sendiri adalah kondisi yang membuat kamu tidak merasakan sensasi apapun. Kondisi ini paling sering memengaruhi area sendi yang menahan beban seperti area kaki.

Neuropati perifer biasanya terjadi pada orang dengan beberapa kondisi medis seperti diabetes sifilis, kusta, meningomyelocele, cedera tulang belakang, syringomyelia, dialisis ginjal, dan ketidakpekaan bawaan terhadap rasa sakit.

Bagaimana kerusakan bisa terjadi?

Charcot neuroarthropathy biasanya ditandai dengan fraktur akut, dislokasi, dan kerusakan sendi. Orang yang mengalami neuropati perifer, pada pasien diabetes misalnya, tidak akan merasakan sakit saat terjadinya trauma atau cedera pada area kaki mereka.

Nah cedera yang terabaikan ini bisa menyebabkan kerusakan pada tulang, sendi, dan jaringan lunak lain pada area kaki. Jika tidak terdeteksi sejak dini, sendi di kaki runtuh dan kaki akhirnya menjadi cacat.

Kaki yang cacat dapat menyebabkan luka tekan berkembang di kaki atau pergelangan kaki. Luka terbuka yang disertai kelainan bentuk kaki dapat menyebabkan infeksi hingga amputasi.

Cara mengatasi

Perawatan dan pengobatan charcot joint dilakukan untuk mencegah kerusakan berkembang lebih jauh, menghindari deformitas, dan komplikasi lainnya.

Metode dari perawatannya biasanya memiliki 3 kunci utama. Mulai dari menurunkan berat badan, mengobati penyakit tulang (bisa dengan penggunaan gips atau obat bifosfonat dan suplemen), dan mencegah patah tulang kaki baru.

1. Perawatan tanpa bedah

Untuk melindungi area kaki yang sakit dan meminimalisir pergerakan tulang, kamu mungkin akan disarankan untuk menggunakan gips.

Dokter mungkin menyarankan penggunaan serangkaian gips atau walker gips yang dapat dilepas selama total 8 hingga 12 minggu. Kruk, alat bantu jalan lutut, atau kursi roda digunakan untuk menghindari beban pada kaki yang sakit.

Gips diganti beberapa kali saat pembengkakan di kaki berkurang. Gips tetap di kaki sampai kemerahan, bengkak, dan panas teratasi.

Setelah gips dilepas, kamu mungkin diberikan resep alas kaki khusus ortopedi. Dengan tujuan mengurangi titik-titik tekanan dan mencegah cedera serta luka berulang.

2. Pembedahan

Jika kamu mengalami kondisi kelainan bentuk pergelangan kaki yang parah dan  tidak stabil serta berisiko tinggi terkena ulkus kaki, dokter mungkin merekomendasikan pembedahan.

Setelah pembedahan untuk membetulkan bentuk kaki, kamu harus menghindari memberikan beban penuh pada kaki dalam jangka waktu yang lama untuk mencegahnya muncul kembali.

Mencegah charcot joint 

Karena faktor utama penyebab penyakit ini belum diketahui, maka yang bisa kamu lakukan untuk mencegahnya terjadi pada diri sendiri adalah dengan menghindari faktor penyebabnya.

Sejauh ini penyebab umum yang sering terjadi adalah diabetes melitus. Jadi lakukan gaya hidup sehat untuk menghindari penyakit diabetes. Selain itu, kamu juga perlu menghindari faktor risiko lain seperti sifilis dan kusta.

Komplikasi

Kaki charcot dapat menyebabkan kerusakan progresif tulang dan jaringan lunak pada sendi yang menahan beban. 

Deformitas di bagian mana pun dari kaki atau pergelangan kaki dapat menyebabkan borok kulit karena tulang yang menekan sepatu atau tanah.

Ketika kaki Charcot memengaruhi pergelangan kaki, sendi mungkin menjadi tidak stabil atau “floppy” karena jaringan telah menggantikan tulang di sendi.

Pada kasus yang paling parah, dapat menyebabkan gangguan signifikan pada arsitektur tulang. Itulah sedikit rangkuman mengenai cara mengatasi dan mencegah charcot joint. Semoga bermanfaat! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *