Benarkah Meditasi Dapat Mengurangi Stres?

Stres memang sering membuat siapapun cemas, tegang, dan khawatir. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, meditasi disebut-sebut merupakan salah satu cara mengurangi stres. Benarkah meditasi dapat mengatasi stres?  

Meditasi memiliki banyak manfaat kesehatan dan merupakan cara yang sangat efektif untuk menghilangkan stres dan mempertahankan gaya hidup yang sehat. Artikel berikut akan menjelaskan benarkah meditasi dapat mengatasi stres dan bagaimana caranya!

Memahami apa itu meditasi?

Meditasi telah dipraktekkan selama ribuan tahun. Meditasi awalnya dimaksudkan untuk membantu memperdalam pemahaman tentang kekuatan sakral dan mistik kehidupan. Saat ini, meditasi biasanya digunakan untuk relaksasi dan pengurangan stres.

Meditasi dianggap sebagai jenis pengobatan pelengkap pikiran tubuh. Meditasi dapat menghasilkan keadaan relaksasi yang dalam dan pikiran yang tenang. Selama meditasi, Anda memusatkan perhatian dan menghilangkan aliran pikiran campur aduk yang mungkin memenuhi pikiran Anda dan menyebabkan stres. Proses ini dapat meningkatkan fisik dan emosional. 

Latihan meditasi dasar

Inilah cara memulai latihan meditasi dasar:

Langkah 1: 

Pilihan di mana dan bagaimana Anda akan duduk. Beberapa orang suka duduk di kursi yang nyaman sementara yang lain lebih suka duduk bersila di lantai. Anda ingin bisa benar-benar rileks sambil tetap terjaga. 

Pastikan postur Anda benar. Lebih mudah untuk tetap terjaga melalui meditasi yang lama jika punggung Anda lurus, jika Anda memulai latihan meditasi dengan pemikiran ini, tubuh Anda akan terbiasa dengan posisi saat Anda beralih ke periode waktu yang lebih lama. 

Langkah 2: Tutup mata Anda dnegan lembut

Saat Anda di posisi yang nyaman, lihat ke kejauhan dengan tatapan lembut, lalu turunkan kelopak mata secara perlahan. Jaga agar  rahang Anda kendur dan juga sedikit terbuka. Anda ingin mengendurkan semua otot wajah Anda. 

Jangan mengencangkan mata Anda, jika Anda merasa wajah Anda menegang, buka mata secara perlahan, fokuskan kembali pada tatapan lembut itu dan turunkan lagi. 

Pasalnya, pada tahap ini tujuan Anda adalah merilekskan setiap bagian tubuh Anda. Jika Anda merasakan ketegangan di beberapa bagian tubuh, tarik napas dalam-dalam dan biarkan membuat Anda rileks. 

Langkah 3: Singkirkan pikiran

Meskipun Anda tidak dapat mengendalikan pikiran Anda, Anda dapa mengontrol seberapa besar kekuatan yang dimilikinya atas Anda. Ini tidak berarti Anda harus mengabaikan atau menekannya, tetapi tetaplah tenang, catat, dan kemudian gunakan pernapasan Anda untuk mengembalikan Anda ke saat ini. Belajar melakukan ini selama latihan meditasi Anda dapat membantu Anda melepaskan segala sesuatunya dalam hidup Anda. 

Langkah 4: Teruskan

Setelah pada tahap sebelumnya Anda telah menyingkirkan semua pikiran yang mungkin muncul di benak Anda. Ruang tenang antara pikiran akan menjadi lebih lama dan lebih seriing semakin lama Anda berlatih. 

Manfaat meditasi

Meditasi dapat memberikan Anda perasaan tenang, damai, dan seimbang yang dapat bermanfaat bagi kesejahteraan emosional dna kesehatan Anda secara keseluruhan. Meditasi dapat membantu membawa Anda lebih tenang sepanjang hari dan dapat membantu Anda mengelola gejala kondisi medis tertentu. 

Meditasi dan kesejahteraan emosional

Manfaat emosional dari meditasi dapat mencakup:

  • Mendapatkan perspektif baru tentang situasi stres
  • Membangun keterampilan untuk mengelola stres Anda
  • Meningkatkan kesadaran diri
  • Berfokus pada saat ini
  • Mengurangi emosi negatif
  • Meningkatkan imajinasi dan kreativitas
  • Meningkatkan kesabaran dan toleransi

Meditasi dan penyakit 

Meditasi pun mungkin berguna jika Anda memiliki kondisi medis tertentu, terutama yang mungkin diperburuk oleh stres. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa meditasi dapat membantu mengelola gejala kondisi seperti:

  • Kegelisahan 
  • Asma
  • Kanker
  • Sakit kronis
  • Depresi
  • Penyakit jantung
  • Tekanan darah tinggi
  • Sindrom iritasi usus
  • Masalah tidur
  • Sakit kepala tegang

Jadi, pada beberapa orang mungkin meditasi berhasil mengatasi rasa stres dan meningkatkan kesehatan lainnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *