Bahan Alami untuk Meredakan Infeksi Telinga Bagian Dalam

Setiap orang pasti pernah atau sering mengalami infeksi telinga bagian dalam yang merupakan infeksi parah, dan terkadang amat sulit diatasi dengan pengobatan telinga standar seperti meneteskan obat telinga atau konsumsi obat pereda nyeri sehingga jika sudah sangat parah harus segera dioperasi.

Mengenai obat telinga itu sendiri, Anda bisa menggunakan obat-obatan dari bahan alami jika obat-obatan medis terbatas atau sulit didapatkan. Berikut adalah bahan-bahan alami yang bisa digunakan tersebut!

Bawang bombai

Bawang bombai adalah bawang besar yang biasanya digunakan kegiatan memasak. Namun dibalik itu bawang juga dapat mengatasi infeksi telinga karena mengandung zat pereda nyeri dan peradangan di dalamnya.

Anda bisa menjadikan bawang bombai ini sebagai obat dengan cara dijus terlebih dahulu untuk kemudian diteteskan ke dalam telinga sebanyak 2-3 kali.

Bawang putih

Selain bawang bombai, bawang lainnya, bawang putih juga bisa Anda gunakan sebagai obat untuk mengatasi rasa sakit pada telinga.

Bawang putih juga mempunyai kandungan yang sama dengan bawang bombai, dan Anda bisa menjadikannya sebagai minyak.

Caranya adalah dengan mencampurkan bawang putih yang sudah ditumbuk-tumbuk setelah direbus dengan cengkih dan garam atau minyak zaitun.

Kemudian teteskanlah campuran ini ke dalam lubang telinga atau tempatkan dekat telinga memakai kain.

Jahe

Bagi Anda yang gemar menjadikan jahe sebagai minuman hangat di musim dingin atau hujan, selamat Anda sudah tepat karena tanaman herbal yang satu ini juga bisa digunakan untuk meredakan nyeri akibat infeksi telinga bagian dalam.

Jahe sendiri mengandung zat antiperadangan yang merelaksi telinga yang terkena infeksi sehingga infeksi menjadi hilang.

Cuka apel

Bagi Anda yang ingin menggunakan cuka apel sebagai salah satu obat alami untuk atasi nyeri akibat infeksi telinga, pertama-tama, Anda harus mencampurkan cuka apel dan air dengan tingkat perbandingan yang sama.

Kemudian gunakanlah alat tetes untuk memasukkan campuran pada lubang telinga atau kapas yang telah dibasahi untuk memudahkan masuk ke dalam lubang.

Minyak pohon teh

Minyak dari tanaman herbal mengandung sifat antibakteri yang dapat mengatasi nyeri akibat infeksi telinga.

Caranya adalah dengan mencampurkan beberapa tetes minyak pohon teh dengan 1 sendok makan minyak zaitun lalu hangatkan.

Kemudian teteskanlah ke lubang telinga menggunakan pipet. Biarkanlah selama 1 menit atau lebih kemudian balikkan untuk mengeluarkan cairan.

Kemangi

Kemangi adalah tanaman yang sering dijadikan sebagai lalapan pada nasi uduk atau pecel ayam bersama-sama dengan mentimun.

Namun dibalik itu kemangi ternyata mempunyai kemampuan untuk mengobati infeksi dan meredakan sakit telinga. 

Caranya adalah dengan hancurkan 4-5 daun kemangi kemudian tempelkan pada area telinga yang terinfeksi.

Minyak zaitun

Penggunaan minyak zaitun yang biasa dalam menu diet untuk mengatasi infeksi telinga adalah sebagai penghambat pertumbuhan bakteri penyebab infeksi yang membentuk lilin di telinga.

Caranya adalah dengan menghangatkan sedikit minyak zaitun kemudian teteskan beberapa minyak yang sudah dihangatkan itu ke dalam telinga yang terinfeksi, yang akan membuat lilin infeksi melunak, dan bisa dilepaskan dengan kain penyeka yang berujung.

Daun mangga

Terakhir, Anda bisa menggunakan daun mangga untuk bisa meredakan nyeri akibat infeksi telinga. Caranya adalah dengan menghancurkan 2-3 daun mangga.

Kemudian gunakan pipet, dan teteskanlah 3-4 tetes cairan ke telinga yang terinfeksi. Tunggulah beberapa menit kemudian rasakan manfaatnya yang membuat Anda lepas dari rasa sakit akibat infeksi telinga bagian dalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *