7 Penyebab Anda Mengalami Haid Terus Menerus

Pada umumnya, periode berlangsung antara tiga hingga tujuh hari. Periode menstruasi atau haid terus menerus yang berlangsung lebih dari tujuh hari dianggap sebagai periode yang panjang.

Dalam bahasa medisnya dengan periode seperti itu disebut dengan menoragia. Anda juga dapat didiagnosis dengan menoragia jika Anda mengalami pendarahan hebat yang tidak biasa yang berlangsung kurang dari seminggu. Lima persen wanita mengalami menoragia.

Stres bisa menjadi penyebab vagina keluar darah saat tidak haid.


Periode yang lama mungkin merupakan tanda dari kondisi kesehatan mendasar yang serius, seperti:

  • ketidakteraturan hormon
  • kelainan rahim
  • kanker

Penting untuk menemui dokter Anda jika Anda mengalami periode yang panjang atau berat sehingga mereka dapat mengidentifikasi penyebab yang mendasarinya atau mengesampingkan kemungkinan penyebab yang lebih serius.

Menoragia dapat menyebabkan ketidaknyamanan selama periode Anda serta mengganggu rutinitas rutin Anda. Anda mungkin menemukan bahwa pendarahan mempengaruhi aktivitas atau tidur Anda. Anda mungkin juga mengalami anemia defisiensi besi jika Anda secara teratur mengalami periode menstruasi yang lama, terutama jika menstruasinya berat.

Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang periode yang lama, termasuk kemungkinan penyebabnya dan apa yang dapat Anda lakukan untuk mengelola gejala ini.

Berapa Durasi Normal untuk Periode Menstruasi?

Wanita sangat bervariasi dalam rentang siklus mereka. Ini termasuk berapa lama mereka pergi di antara periode (biasanya di mana saja dari 21 hingga 35 hari).

Ini juga termasuk berapa lama periode berlangsung. Umumnya, periode harus berlangsung enam hari atau kurang dan mulai lebih berat dan lebih ringan. Namun setiap wanita berbeda-beda. 

Lebih penting adalah apakah lama menstruasi Anda telah berubah. Apakah Anda secara teratur berdarah selama delapan atau sembilan hari, itu tidak menjadi masalah. Namun, jika Anda sebelumnya memiliki aliran lima hari dan sekarang Anda pergi delapan atau sembilan, itu harus dievaluasi. Bahkan wanita masa perimenopause, yang menstruasinya mungkin terjadi di mana-mana, sebaiknya dilakukan pemeriksaan.

Tergantung pada situasinya, menstruasi yang lama mungkin merupakan kondisi ringan yang dapat dikontrol dengan mudah, atau yang mengindikasikan masalah kesehatan mendasar yang lebih serius.

Ada beberapa alasan potensial yang membuat menstruasi Anda tidak berhenti serta apa yang harus dilakukannya. 

Kontrol kelahiran hormonal

Pil KB hormonal mengubah kadar hormon alami tubuh. Walaupun banyak wanita menggunakannya untuk mempersingkat atau mengatur menstruasi, namun bisa berdampak mestruasi yang lebih berat maupun berkepanjangan. 

Periode abnormal sering terjadi selama beberapa bulan pertama minum obat hormonal baru. Namun, jika hal itu terus terjadi setelah beberapa bulan atau menjadi mengganggu, bicarakan dengan dokter tentang mengganti metode pengendalian kelahiran.

Seorang dokter mungkin merekomendasikan jenis hormon yang berbeda – seperti beralih dari pil progestin saja ke pil yang juga mengandung estrogen – atau mereka mungkin menyarankan merek yang berbeda.

Masalah tiroid

Fungsi dari Kelenjar tiroid ini memiliki tanggung jawab untuk mengatur berbagai hormon di dalam tubuh. Bagi wanita hal ini merupakan hormon yang terkait terhadap siklus menstruasi. 

Apabila Anda memiliki tiroid yang aktif maupun kurang aktif, mungkin Anda akan mengalami periode yang lama dan tidak akan berhenti. 

Terjadinya masalah ini dapat membuat menstruasi ringan, beberapa bulan tanpa menstruasi ataupun menopause dini. 

Melakukan tes darah dapat mendiagnosis masalah dengan tiroid. Kemudian, dokter akan memberikan resep obat agar bisa membantu tidak seimbangnya hormon. 

Perangkat intrauterin

Dokter dapat memasukan alat kontrasepsi (IUD) pada rahim untuk membantu mencegah kehamilan. Dua jenis IUD yaitu hormonal dan nonhormonal, ini bisa membuat pendarahan abnormal. 

Sangat umum terjadi ketika pertama kali menerima IUD ini akan terjadi menstruasi yang tidak teratur. Namun, dalam kebanyakan kasus, perdarahan berat atau berkepanjangan akan hilang setelah 3-6 bulan.

ovulasi

Terdapat beberapa orang yang mengalami pendarahan ketika ovulasi, seperti ovarium melepaskan sel telur. Pada beberapa kasus ovulasi ini akan menimbulkan bercak dan tidak menjadi penyebab utama yang Anda perlu khawatirkan. 

Pada menjelang akhir periode, bercak dari ovulasi bisa seperti menstruasi yang sedang berlangsung lama dari biasanya. 

Fibroid atau polip rahim

Fibroid adalah tumor berotot, biasanya jinak yang terbentuk di dinding rahim. Sedangkan untuk Polip merupakan pertumbuhan merah pada lapisan rahim. 

Kedua hal itu merupakan masalah yang umum, bisa membuat periode lebih berat maupun lebih lama dari biasanya. 

Keguguran

Keguguran,akan mengalami pendarahan maupun bercak. Terjadinya pendarahan ini bisa berlangsung lebih dari beberapa jam maupun beberapa minggu, bisa terjadi ringan maupun berat..

Dalam beberapa kasus, keguguran dapat terjadi sebelum seorang wanita menyadari bahwa mereka hamil.

Apabila terjadinya keguguran ini menjadi penyebab pendarahan, langsung ke dokter konsultasikan agar bisa memastikan tidak adanya komplikasi. 

Kehamilan

Pada beberapa wanita akan mengalami bercak maupun pendarahan ringan ketika awal kehamilan. Pendarahan bisa terjadi tanpa adanya tanda-tanda itu hamil. seperti terjadinya mual. 

Terjadinya perdarahan yang abnormal maupun nyeri panggul pada saata hamil merupakan tanda kehamilan ektopik, bisa berdampak pada komplikasi serius. 

Seorang dokter dapat mendeteksi kehamilan reguler dan ektopik menggunakan USG dan tes darah. Siapa pun yang mengira mereka hamil juga dapat melakukan tes kehamilan di rumah.

Cara mengatasi haid lama

Metode pengobatan untuk jangka waktu yang lama dapat bervariasi. Dokter Anda akan mengobati penyebab yang mendasarinya. Dokter akan memberikan perawatan dalam mengurangi pendarahan Anda seperti mengatur menstruasi, serta meredakan ketidaknyamanan. 

Mengontrol kelahiran hormonal bisa mengatur menstruasi, obat ini dapat diberikan sebagai:

  • sebuah pil
  • perangkat intrauterin
  • tembakan
  • cincin vagina

Dokter mungkin akan memberikan saran untuk minum obat yang mengurangi rasa sakit yang Anda alami dari waktu yang lama. Obat-obatan ini mungkin termasuk anti inflamasi non steroid yang dijual bebas, seperti Advil atau Motrin.

Pada beberapa kasus, Dokter akan memberikan rekomendasi prosedur dengan pembedahan agar meringankan periode Anda yang lama. 

Pelebaran dan kuretase dapat mengencerkan lapisan rahim Anda dan mengurangi seberapa banyak Anda berdarah selama menstruasi.

Jika Anda tidak lagi mempertimbangkan untuk memiliki anak, Anda dapat menjalani ablasi endometrium, reseksi, atau histerektomi. Prosedur-prosedur ini dapat meringankan periode yang lama, tetapi mereka juga dapat menghilangkan kemungkinan hamil.

Kapan Anda Harus Menemui Ahli Kesehatan untuk Periode Menstruasi yang Panjang?

Jika Anda memiliki periode panjang hanya satu bulan, mungkin tidak perlu khawatir. 

Setiap perdarahan yang signifikan (berlawanan dengan bercak) antara periode tanpa penjelasan seperti IUD yang baru dipasang harus dievaluasi. Dan seorang wanita yang melewati masa menopause seharusnya tidak mengalami pendarahan sama sekali sehingga harus segera menemui dokternya jika dia mengalaminya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *