7 Cara Sederhana Membuat Trigliserida Normal

Trigliserida adalah sejenis lemak yang ditemukan dalam darah Anda. Setelah Anda makan, tubuh Anda akan mengubah kalori yang tidak Anda butuhkan menjadi trigliserida dan menyimpannya dalam sel lemak untuk digunakan sebagai energi nanti. 

Rentang nilai trigliserida mulai dari yang normal hingga yang paling tinggi

Nilai trigliserida normal adalah < 150 mg/dL atau < 1,7 mmol/L. Selain dari nilai tersebut atau lebih dari itu Anda sudah harus mulai untuk melakukan usaha untuk menurunkan, karena trigliserida tinggi bisa menyebabkan penyakit jantung. Pada artikel berikut kami akan membahas cara sederhana untuk menurunkan trigliserida Anda. 

Bagaimana trigliserida diukur?

Dokter Anda mungkin akan memberi tes umum yang disebut panel lipid. Ia memeriksa berbagai jenis kolesterol, termasuk tingkat jenis “baik” dan “buruk”. The American Heart Association merekomendasikan bahwa setiap orang yang berusia 21 tahun ke atas mendapatkan panel lipid setidaknya setiap 5 tahun. 

Anda akan diperiksa setelah melakukan puasa semalaman. Jika Anda tidak puasa, lemak dari makanan yang baru ini bisa membuat gambar menjadi keruh. Tes ini penting karena Anda jarang memiliki gejala apapun saat trigliserida Anda tinggi, tidak seperti banyak kondisi lainnya. 

Apa itu tingkat normal dan tinggi?

The National Cholesterol Education Program penetapan pedoman untuk kadar trigliserida:

  • Tingkat normal: kurang dari 150 mg/dL 
  • Garis batas tinggi: 150 hingga 199
  • Tinggi: 200 hingga 499
  • Sangat tinggi: 500 atau lebih

Kadar yang meningkat dapat menyebabkan penyakit jantung, terutama pada orang dengan kadar kolesterol “baik” yang rendah dan kadar kolesterol “jahat” yang tinggi. Hal yang sama pun berlaku jika Anda menderita diabetes tipe 2. 

Bagaimana membuat trigliserida normal?

  • Menurunkan berat badan

Setiap kali Anda makan lebih banyak kalori daripada yang Anda butuhkan, tubuh Anda mengubah kalori tersebut menjadi trigliserida dan menyimpannya dalam sel lemak. Itulah mengapa menurunkan berat badan adalah cara efektif untuk menurunkan kadar trigliserida darah Anda. Faktanya, penelitian telah menunjukkan bahwa menurunkan berat badan 5-10% saja dapat menurunkan trigliserida sebesar 40 mg/dL. 

  • Batasi asupan gula

Menambahkan gula adalah bagian besar dari makanan banyak orang. Sementara American Heart Association merekomendasikan untuk mengonsumsi tidak lebih dari 6-9 sendok teh gula tambahan per hari, pada tahun 2008 rata-rata orang Amerika makan sekitar 19 sendok teh setiap hari. 

Gula tersebut biasanya tersembunyi dalam permen, minuman ringan, dan jus buah. Gula ekstra dalam makanan Anda diubah menjadi trigliserida yang dapat menyebabkan peningkatan kadar trigliserida darah, bersama dengan faktor risiko penyakit jantung lainnya. Untungnya, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa diet rendah karbohidrat dan tambahan gula dapat menyebabkan penurunan trigliserida darah. 

  • Banyak lebih banyak serat

Serat ditemukan dalam buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Sumber serat baik lainnya termasuk kacang-kacangan, sereal, dan kacang polong. Masukkan lebih banyak serat dalam makanan Anda dapat menurunkan penyerapan lemak dan gula di usus kecil Anda, membantu menurunkan jumlah trigliserida dalam darah Anda. Dalam sebuah penelitian, para peneliti menunjukkan bahwa suplemen dengan serat menurunkan trigliserida darah sebesar 7-8% di antara penderita diabetes. 

  • Olahraga secara teratur

Latihan rutin dengan latihan aerobic intensitas tinggi dapat meningkatkan kolesterol HDL baik dan menurunkan trigliserida darah. Cobalah berolahraga 5 hari atau lebih setiap minggu. Bicaralah dengan dokter Anda sebelum Anda memulai rencana olahraga apa pun. 

  • Makan lebih sedikit lemak jahat

Cobalah untuk menurunkan lemak jenuh, lemak trans, dan kolesterol dalam makanan Anda. Mengurangi karbohidrat juga akan membantu. 

  • Konsumsi ikan

Makarel, sarden, tuna albacore, dan salmon yang tinggi omega 3, lemak yang baik untuk Anda. Mungkin sulit untuk mendapatkan cukup omega 3 dari makanan. Dokter Anda mungkin akan merekomendasikan suplemen atau resep. 

  • Kurangi asupan alkohol

Alkohol tinggi gula dan kalori. Jika kalori ini tetap tidak terpakai, mereka dapat diubah menjadi trigliserida dan disimpan dalam sel lemak. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi alkohol dalam jumlah sedang dapat meningkatkan trigliserida darah hingga 53%, bahkan jika kadar trigliserida Anda normal. 

Faktor diet dan gaya hidup memiliki pengaruh besar pada trigliserida normal Anda. Memilih lemak tak jenuh yang sehat sebagai pengganti lemak trans, mengurangi asupan karbohidrat, dan berolahraga secara teratur dapat membantu menurunkan trigliserida darah Anda dalam waktu singkat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *