6 Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja Agar Karir Melesat

Cara meningkatkan produktivitas kerja dapat dilakukan dengan bekerja dalam interval 90 menit

Dalam dunia kerja, Anda dituntut untuk bisa memberikan kontribusi terbaik bagi perusahaan. Meningkatkan produktivitas adalah salah satu cara agar terlihat “moncer” di kantor. Sayangnya banyak faktor eksternal dan internal yang menjadi toksik sehingga kontribusi ke perusahaan kurang maksimal. Jika berlangsung lama, bukan hanya prestasi yang jauh dari jangkauan, Anda pun bisa terancam dirumahkan.

Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja 

Produktivitas kerja adalah hasil kualitatif dan kuantitatif karyawan untuk memberikan hasil yang efektif dan efisien. Tolok ukurnya adalah jumlah dan kualitas. Bisa jadi karena manajemen yang bagus seorang karyawan lebih produktif meski bekerja dengan jumlah jam sedikit.

Anda pernah merasakan pekerjaan kantor tidak ada habisnya? Bahkan sudah rela pulang lebih akhir pun tetap tidak selesai? Nah, masalahnya mungkin karena saat jam kerja kurang produktif. Coba lakukan beberapa poin berikut untuk meningkatkan produktivitas. 

1. Buat To Do List

Salah satu penyebab rendahnya produktivitas adalah Anda tidak tahu apa yang harus kerjakan. Cara mengatasinya adalah dengan membuat list job harus diselesaikan. 

Tulis secara rapi dalam kerja, tempel di ruang kerja. Centang setiap item yang sudah Anda selesaikan. Cek Kembali agar tidak ada yang terlewat. Lakukan ini setiap bagi begitu sampai di meja kerja. Membuat to do list merupakan salah satu cara meningkatkan produktivitas kerja yang ampuh. 

2. Memperkirakan Waktu Untuk Menyelesaikan Pekerjaan 

Time management sangat penting agar semua pekerjaan dapat terhandle. Buat perkiraan waktu untuk masing-masing job dan usahakan sebelum batasnya habis, Anda sudah selesai mengerjakannya.

Jika ternyata satu pekerjaan membutuhkan waktu lebih banyak, maka Anda harus dapat menutupnya dari job lain. Pengaturan waktu yang tepat merupakan kunci untuk meningkatkan produktivitas. 

3. Buat Skala Prioritas

Cara meningkatkan produktivitas berikutnya dengan membuat skala prioritas. Menyelesaikan suatu pekerjaan dengan buru-buru justru seringkali hasilnya tidak maksimal. Bahkan bisa saja ide tiba-tiba hilang. Jangan pernah menyelesaikan job dalam last minute. Beri waktu yang cukup sehingga dapat berpikir lebih leluasa.

Dahulukan untuk menyelesaikan pekerjaan yang mendekati deadline. Setelah itu baru selesaikan prioritas berikutnya. Agar pikiran kembali fresh, setelah menyelesaikan satu job, jeda dengan beristirahat sejenak. Minum kopi, teh atau air putih dapat mengumpulkan semangat lagi.

4. Hindari Gangguan

Konsentrasi dalam bekerja dapat berkurang karena gangguan dari dalam dan luar. Suara bising, tempat yang tidak nyaman, pikiran yang sedang kacau, bisa menghambat pekerjaan sehingga kurang produktif.

Jika Anda bekerja di ruang dengan banyak karyawan kebisingan tidak bisa dihindari. Atasi dengan memasang headset misalnya. Sedang untuk persoalan internal, dapat diatasi dengan mengesampingkan masalah untuk sementara waktu. Berusahalah agar tetap fokus.

5. Lakukan Evaluasi

Evaluasi sangat penting untuk meningkatkan produktivitas kerja. Anda harus mengevaluasi pencapaian setiap hari. Berdasarkan to do list yang dibuat pagi hari, apa saja yang sudah tercapai. Cek juga apa yang tidak tercapai dan penyebabnya.

Langkah ini akan membuat Anda tahu kelemahan dan penyebab produktivitas tidak maksimal. penyebab tersebut dapat dihilangkan atau dihindari sehingga hari berikutnya bisa lebih optimal. Jangan tunggu atasan memberikan evaluasi. Lakukan sendiri agar bisa bekerja lebih baik. 

6. Jaga Kesehatan

Sepandai apapun Anda, jika kurang sehat, maka tidak akan dapat bekerja dengan baik. Biasakan sarapan sebelum berangkat kerja, istirahat yang cukup dan berolahraga. Jalan kaki beberapa menit setiap pagi cukup membuat tubuh bugar. Meningkatkan produktivitas diri dengan menjaga kesehatan sangat bagus. 

Cara meningkatkan produktivitas kerja membuat karir Anda lebih cemerlang dan cepat melejit. Perusahaan akan memberikan kesempatan maju bagi karyawan yang mampu mengatur dirinya sendiri dan berprestasi. Terapkan beberapa poin di atas agar lebih sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *